Jawa Pos

Ti Piala Dunia lik Lensa

-

HANYA dua fotografer Indonesia yang mendapatka­n akreditasi FIFA untuk meliput Piala Dunia 2018. Salah satunya adalah Angger Bondan dari Jawa Pos. Banyak pengalaman seru selama memotret perhelatan akbar sekaliber Piala Dunia. Ada ekspresi kemenangan dan drama kesedihan. Campur aduk.

Melihat langsung pertanding­an dari sisi lapangan adalah berkah tersendiri bagi fotografer. Mereka lebih dekat dengan pemain daripada penonton yang membayar mahal untuk duduk di tribun VIP. Bisa merasakan hebohnya opening ceremony di Stadion Luzhniki, Moskow. Juga merasakan teriakan pemain dengan berbagai macam bahasa tubuh mereka.

Melihat bagaimana Lionel Messi lebih banyak ”berjalan” daripada mengejar bola. Menjadi saksi permainan Cristiano Ronaldo yang penuh semangat dan demen pamer otot. Di pertanding­an yang lain, menyaksika­n kelihaian Neymar memperdaya­i pemain lawan. Atau merekam kecepatan Kylian Mbappe (yang mungkin cuma kalah sedikit dari Usain Bolt) yang membawa Prancis mengandask­an perlawanan Argentina.

Menjadi fotografer dari negeri ”antah-berantah” sepak bola harus siap dinomordua­kan. Bahkan dinomortig­akan. Jawa Pos selalu mendapatka­n tiket kategori ketiga. Artinya, mendapatka­n posisi memotret yang tidak strategis. Posisi idaman seperti di sisi kanan dan kiri gawang sudah menjadi jatah fotografer dari negara peserta Piala Dunia dan kantor-kantor berita.

Tapi, itu tetap harus disyukuri. Angle menarik tidak hanya ada di lapangan. Keseruan dan drama juga hadir di tribun. Bagaimana ekspresi duka suporter ketika tim kesayangan­nya kalah. Atau, sebaliknya, melihat sorak-sorai fans merayakan kemenangan tim pujaannya. Inilah panggung Piala Dunia. 5 JULI

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ANGGER BONDAN/ JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? JATUH BANGUN: Kiper Prancis Hugo Lloris berjibaku menyelamat­kan gawang saat melawan Argentina pada babak 16 besar di Stadion Kazan Arena (30/6). SAKIT: Lionel Messi terjatuh saat bertanding melawan Islandia pada penyisihan grup D di Stadion Spartak,...
ANGGER BONDAN/JAWA POS ANGGER BONDAN/ JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS JATUH BANGUN: Kiper Prancis Hugo Lloris berjibaku menyelamat­kan gawang saat melawan Argentina pada babak 16 besar di Stadion Kazan Arena (30/6). SAKIT: Lionel Messi terjatuh saat bertanding melawan Islandia pada penyisihan grup D di Stadion Spartak,...
 ??  ?? PASUKAN TEPI LAPANGAN: Para fotografer berlomba mengabadik­an peristiwa di lapangan saat Brasil melawan Serbia di Stadion Spartak, Moskow (27/6).
PASUKAN TEPI LAPANGAN: Para fotografer berlomba mengabadik­an peristiwa di lapangan saat Brasil melawan Serbia di Stadion Spartak, Moskow (27/6).
 ??  ??
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia