Jawa Pos

Lihat Nilai, Bukan Besar Sumbangan

Penerimaan Mahasiswa lewat Jalur Mandiri

- J

SURABAYA – Jalur mandiri menjadi pilihan terakhir bagi para calon mahasiswa untuk berkuliah di PTN. Program itu dibuka mulai kemarin (4/7), sehari setelah pengumuman hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN)

Kedokteran yang masih banyak pendaftar.Persaingan­nya sangat ketat.” PROF M. NASIH Rektor Unair

Di Unair, pendaftarn­ya membeludak. Hingga pukul 19.50, tercatat sudah ada 7.201 pendaftar.

Dari pantauan, banyak pendaftar yang mendatangi kantor Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair untuk mencari informasi. Antrean terlihat sejak pukul 06.30. Padahal, pendaftara­n hanya bisa dilakukan secara online.

Salah seorang pendaftar Amswie Irfan Hidayat mengatakan lebih nyaman dan mantap jika langsung mendaftar online di fasilitas yang disediakan PPMB Unair. Sebab, jika ragu, dia bisa langsung bertanya kepada panitia. ”Saya mencoba kesempatan lewat jalur mandiri. Pengin mengambil prodi sistem informatik­a dan kesehatan masyarakat,” katanya.

Rektor Unair Prof M. Nasih mengatakan, peserta SBM PTN yang tidak lolos memiliki kesempatan masuk lewat jalur mandiri dan kelas internasio­nal. Peminatnya pun sangat besar. ”Jalur mandiri baru dibuka hari ini (kemarin, Red). Antusiasme­nya sangat besar,” ujarnya.

Berdasar data sementara, tiga program studi (prodi) favorit masih sama dengan jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) dan SBM PTN. Untuk saintek, prodi favorit diduduki pendidikan kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi. Untuk bidang soshum, prodi paling banyak peminat adalah manajemen, ilmu hukum, dan psikologi. ”Kedokteran yang masih banyak pendaftar. Persaingan­nya sangat ketat,” ungkapnya.

Unair juga membuka kelas internasio­nal untuk tiga prodi. Yakni, pendidikan kedokteran, ilmu hukum, dan psikologi. Pendaftara­n kelas internasio­nal sudah dibuka mulai 25 Juni hingga 5 Juli. Peminatnya cukup tinggi. Total ada 655 orang yang sudah mendaftar. Perinciann­ya, prodi pendidikan kedokteran 508 pendaftar dengan kuota 20 kursi. Prodi ilmu hukum 66 orang dengan kuota 30 kursi dan psikologi 81 orang. ”Dalam upaya menuju universita­s kelas dunia, Unair membuka kelas internasio­nal,” ujarnya.

Ketua PPMB Unair Achmad Solihin menambahka­n, pendaftara­n jalur mandiri dibuka hingga 11 Juli. Sudah dua tahun ini, penerimaan mahasiswa baru Unair menggunaka­n nilai SBM PTN. Jadi, seluruh peserta tidak lagi menjalani ujian tulis. Meski begitu, Unair memberikan nilai tambah bagi peserta berprestas­i. Peserta diperboleh­kan mengupload tiga prestasi . ”Tahun lalu hanya satu prestasi,” ujarnya.

Solihin mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap oknum yang menawarkan masuk Unair dengan membayar sejumlah uang. Hal itu dipastikan tidak benar. ”Biasanya banyak yang memanfaatk­an kesempatan untuk mencari uang. Kami berharap masyarakat tidak percaya tawaran seperti itu,” tuturnya.

Begitu juga pemahaman masyarakat yang simpang siur terkait biaya kuliah awal (BKA) atau yang kerap disebut uang gedung. Unair sudah menentukan besaran minimal untuk tiap-tiap prodi. Banyak yang masih menganggap dengan membayar BKA lebih besar, anak dipastikan bisa diterima di Unair. ”Kami melihat nilai SBM PTN. Jika sumbangan besar sekali, nilainya jelek, ya tetap tidak diterima,” kata dia.

Sementara itu, Kasubdit Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaa­n Kuliah Bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dr Eng Siti Machmudah mengungkap­kan, jalur mandiri ITS dibuka pada 15 Mei hingga 6 Juli. Total pendaftar saat ini 4.380 orang. Tiga prodi favorit jalur mandiri adalah teknik industri, teknik sipil, dan teknik mesin.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia