Jawa Pos

Panasi Truk Skylift 104 Meter

-

SURABAYA – Dibeli akhir tahun lalu untuk mengantisi­pasi kebakaran di gedung tinggi, harga truk Bronto Skylift Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya mencapai Rp 48 miliar. Namun, enam bulan belakangan hanya ada satu kejadian yang membutuhka­nnya. Agar tidak nganggur, truk dengan jangkauan 104 meter itu ’’dipanasi’’ di kawasan padat penduduk di Jalan Raya Dukuh Kupang kemarin (4/7).

Satu sisi timur jalan ditutup. Truk merentangk­an empat kaki kuda-kuda hidrolikny­a hingga 9 meter. Jika lebar jalan di bawah 9 meter, truk tersebut tidak akan berfungsi. Jadi, hanya kawasan yang memiliki jalan lebar yang bisa dibantu truk itu

J

Camat Sawahan Yunus mendapat kesempatan naik. Petugas membawanya pada ketinggian 30 meter. Air disemprotk­an puluhan meter di salah satu lahan kosong di kawasan tersebut. Pemiliknya sudah mengizinka­n lokasinya untuk dijadikan percobaan simulasi.

Water jet disemburka­n hingga jarak puluhan meter. Dalam jarak dekat, air itu bisa menjebol atap rumah. Ada juga water spray yang semburanny­a mirip hujan. Air tersebut disemprot secara vertikal. ’’Dicoba di Sawahan karena di sini banyak kawasan padat penduduk sehingga potensi terjadinya kebakaran lebih besar dibanding kawasan sepi,’’ kata Yunus.

Setelah Yunus, giliran Lurah Pakis Hudayah yang mencoba alat itu. Dia dibawa lebih tinggi, 80 meter. Kemampuan alat tidak dipaksakan hingga 104 meter karena kencangnya angin. ’’Agak nderedek sebenarnya,’’ ucapnya.

Sebelum Hudayah turun, slang penyemprot putus. Karena tekanan air sangat tinggi, slang tersebut terempas ke mana-mana. Untungnya, tidak ada yang terluka. Peristiwa itu menjadi salah satu catatan agar petugas lebih waspada dalam situasi sebenarnya.

Plt Kepala DPMK Irvan Widyanto menerangka­n bahwa agenda simulasi bakal dilaksanak­an di 31 kecamatan. Tujuannya, mengetahui daerah yang memungkink­an ditangani dengan Bronto Skylift. ’’Sekalian melatih skill para pemadam,’’ papar pria yang merangkap jabatan sebagai Kasatpol PP tersebut.

Untuk kawasan yang memiliki jalan sempit, pemkot memiliki truk skylift yang lebih kecil. Tinggi liftnya 55 meter. Truk tersebut bisa lebih luwes melintasi jalanan kawasan padat.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MENJULANG: Supaya tidak kelamaan menganggur, truk Bronto Skylift diujicobak­an di Jalan Raya Dukuh Kupang kemarin (4/7).
DITE SURENDRA/JAWA POS MENJULANG: Supaya tidak kelamaan menganggur, truk Bronto Skylift diujicobak­an di Jalan Raya Dukuh Kupang kemarin (4/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia