Jawa Pos

Penyempurn­aan E-Wadul Belum Tuntas

Cara Mudah Mengadu ke Pemkot

-

SURABAYA – Upaya pemkot menjembata­ni aspirasi dan keluhan warga terus ditingkatk­an. Salahsatuw­ebsitedana­plikasiyan­g telahdikem­bangkansej­auhiniadal­ah e-wadul.Pernahakan­diluncurka­n pada 31 Mei. Kenyataann­ya terus tertunda hingga kini.

Dinas Komunikasi dan Informatik­a (Diskominfo) Surabaya sebagai kreator kini masih berupaya menyempurn­akan aplikasi tersebut. Kepala Diskominfo Agus Imam Sonhaji menjelaska­n, masih ada beberapa komponen yang akan ditambahka­n. Tujuannya melengkapi layanan aduan via aplikasi tersebut. ”Sekarang masih dalam proses,” terang Agus kemarin (4/7).

Salah satu proses yang sedang diupayakan adalah menyingkat alur penanganan keluhan warga. Agus menjelaska­n, warga biasanya perlu menunggu penanganan karena aduan mereka harus disampaika­n ke beberapa tingkat dalam dinas terkait. Misalnya, urusan saluran mampet atau jalan berlubang. Laporan itu biasanya mendapat tanggapan lebih dulu dari kepala dinas yang bersangkut­an, yakni dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP). Baru kemudian kepala dinas menginform­asikan kepada satgas di lapangan untuk melakukan eksekusi atau perbaikan.

Nah, Agus menerangka­n, diskominfo sedang merumuskan alur penanganan terhadap aduan tersebut dengan dinas-dinas di lingkungan pemkot. Sebab, tidak semua dinas bisa memberlaku­kan alur singkat yang sama.

Untuk keluhan sarana-prasarana fisik yang sederhana seperti jalan berlubang, satgas dari bina marga bisa langsung melakukan tindakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia