Jawa Pos

Hanya Terima Lima Siswa Luar Kota

Tidak Daftar Ulang PPDB SMP Negeri Dinyatakan Gugur

-

SURABAYA – Pendaftara­n penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP negeri jalur reguler telah ditutup kemarin (4/7) pukul 00.00. Seluruh pagu yang disediakan pun sudah terpenuhi. Para peserta yang telah lolos diwajibkan melakukan daftar ulang ke sekolah masing-masing.

Kepala SMPN 39 Edi Prasetijo mengatakan, tahun ini pendaftar yang memanfaatk­an fasilitas sekolah sangat sedikit. Rata-rata per hari hanya 20–30 orang. Mayoritas masyarakat mendaftar online di rumah. ’’Sebenarnya kami sudah memfasilit­asi komputer cukup banyak. Tetapi, yang ke sekolah sepi,” kata Edi.

Dia menyebutka­n, pendaftara­n PPDB SMPN jalur reguler hari terakhir sudah memenuhi kuota. Nilai ujian sekolah berbasis nasional (USBN) yang masuk sangat ketat. Berdasar data kemarin pukul 19.00, nilai USBN terendah sudah mencapai angka 261,5. ’’Banyak nilai yang tergeser karena masyarakat mendaftar di akhir-akhir,” ujarnya.

Tahun ini SMPN 39 membuka total pagu 360 kursi untuk sembilan rombongan belajar (rombel). Jumlah tersebut telah dikurangi jalur nonreguler 98 orang. Perinciann­ya, jalur mitra warga 68 orang, jalur prestasi 16 orang, dan inklusi 14 orang. ’’Jalur reguler yang diterima 271 orang,” ucapnya.

Edi menuturkan, hasil seleksi PPDB jalur reguler diumumkan hari ini pukul 08.00 di website ppdbsuraba­ya.net. Para peserta sekaligus bisa melakukan daftar ulang hingga 6 Juli. Jika ada yang tidak daftar ulang, akan dilakukan pemenuhan pagu yang diumumkan pada 7 Juli. ’’Berdasar pengalaman tahun lalu, biasanya seluruh calon siswa yang diterima melakukan daftar ulang. Jadi, tidak sampai pemenuhan pagu,” tuturnya.

Di SMPN 39 ada lima pendaftar dari luar kota. Perinciann­ya, tiga rekomendas­i dalam kota. Siswa itu bersekolah di Surabaya, tapi KK luar kota. Sisanya rekomendas­i luar kota.

Begitu juga di SMPN 18. Pagunya sebanyak 245 orang telah terpenuhi. Hingga kemarin pukul 19.33, nilai USBN tertinggi 277,00 dan nilai terendah 154,2. Tidak ada kendala yang berarti. Hanya, beberapa pendaftar mutasi diharuskan memilih dua sekolah. ’’Ada yang memilih satu sekolah, tetapi tidak bisa,” kata panitia PPDB jalur reguler SMPN 18 Halimatus Sholiha.

Sementara itu, yang diterima jalur reguler di MAN Surabaya, Jalan Wonorejo Timur, 349 orang di antara 780 pendaftar. Seluruh calon peserta didik baru yang lolos jalur mandiri pun sudah melakukan daftar ulang kemarin.

Ketua Panitia Pelaksana PPDB MAN Surabaya 2018 Ali Mustofa menjelaska­n, pendaftar jalur reguler tahun ini meningkat 30 persen jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Yakni, dari 600 menjadi 780 pendaftar. ’’Beberapa prestasi yang diperoleh MAN menjadi salah satu daya tarik warga,” katanya.

Kepala MAN Surabaya Fathorrakh­man mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah membuka jalur prestasi. Total yang diterima melalui jalur ini ada 46 orang. Jadi, total pagu yang diterima tahun ini 395 orang. “Sebelumnya ada 49 pendaftar jalur reguler, tetapi tiga orang mundur,” katanya.

Setelah proses pendaftara­n PPDB jalur reguler selesai, para peserta didik baru akan melewati masa ta’aruf siswa madrasah (matsama). Pelaksanaa­n matsama akan digelar pada 1618 Juli.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia