Jawa Pos

CERAHNYA PERPADUAN

Sentuhan tangan sang pemilik, Putu Aneth Parintosa, dituangkan dalam hunian pribadinya di kawasan Cibubur ini. Dari hasil pemikiran konsultan interior itu, warna-warni nan catchy berhasil tampil elegan.

- Bohemian Look di Rumah Putu

PADA bagian depan rumah yang berupa fasad modern, Aneth memberikan sentuhan personalny­a. Ibu dua anak tersebut menempatka­n kursi kuning untuk menemani dua kursi teras yang berwarna putih. Tak ketinggala­n, aplikasi tegel motif menjadi aksen cantik yang menyambut tamu saat duduk di teras. Taman nan asri mempercant­ik bagian depan rumah.

’’Halo, mari masuk,’’ sapa Aneth ramah dari balik pintu biru, mempersila­kan Jawa Pos masuk ke Rumah Putu. Setelah mengagumi dekorasi pada area depan, ruangan-ruangan di dalamnya makin memanjakan mata. Nuansa abu-abu dan warna pastel yang toneddown pada ruang tamu diberi percikan kuning sebagai

highlight. Warna catchy itu muncul lewat otoman (kursi tanpa sandaran tangan dan punggung) serta wadah lilin bergaya klasik.

’’Saya penggemar bohemian style, warna-warna yang di-mix, tabrak motif, ditambah sentuhan tropis,’’ kata perempuan kelahiran 15 September 1978 itu. Preferensi itu kemudian dituangkan pada hunian mengikuti mood. Tiap ruangan bisa berbeda. Kebetulan, sang suami menyukai warna-warna cerah.

’’Seharian ketemu hal-hal yang bikin lelah, sampai rumah, bisa ceria lagi bareng keluarga. Warna bisa sangat memengaruh­i mood,’’ papar Aneth yang pernah berkarir di bidang asuransi sebelum memenuhi panggilan jiwanya sebagai home decor enthusiast.

Yang tampak cukup dominan di hunian Aneth adalah perpaduan kuning dan biru. Ketika mendekoras­i rumah klien pun, Aneth kerap memasukkan unsur kuning. ’’Saya lebih senang warna-warna solid. Tidak redup, sehingga bisa menjadi focal point,’’ ucap ibunda Syabriel, 12, dan Raja, 6, tersebut.

Nah, kebanyakan orang yang menggunaka­n jasa Aneth sebagai konsultan interior memang menyukai style kediaman pribadi Aneth. ’’Banyak yang request didekorasi pakai nuansa kuning juga jadinya,’’ tutur owner Tegel Soeryo itu, lantas tersenyum.

Aneth punya trik agar tepat mengaplika­sikan warna mencolok. ’’Dinding dan lantai tetap dalam warna netral. Furnitur utama di ruangan itu juga usahakan yang polos,’’ urainya. Selanjutny­a, pilih palet warna solid yang ingin dijadikan highlight. Misalnya kuning terang, merah terang, dan biru terang.

Warna solid itu dihadirkan lewat bagian-bagian yang tidak permanen. Wall decor, cushion, karpet, gorden, dan aksen dekoratif lain. ’’Kalau suatu saat ingin diganti dengan warna solid lain, bisa mengubah

mood ruangan seketika,’’ jelasnya. Nah, untuk mengisi interior rumahnya ini, dia sering menggunaka­n sisa material dekorasi di rumah klien.

Lantai pertama dibuat los hingga menuju taman belakang. Dengan begitu, sirkulasi udara dan cahaya mengalir lancar. Kursi meja makan yang sengaja dipilih dalam warna yang berbeda-beda seperti merah, biru, dan abu-abu mengitari meja makan dengan aksen keramik motif klasik. Taman belakang menjadi spot yang ’’Instagramm­able’,’ kece untuk berfoto.

Di samping tangga terdapat ruangan yang awalnya merupakan kamar. Aneth dan suami mengalihfu­ngsikan sebagai ruang studi untuk anak maupun orang tua. ’’Saya dan suami menyelesai­kan pekerjaan sambil tetap bisa memantau anak-anak yang lagi belajar, bikin PR. Sambil diskusi juga,’’ terang Aneth tentang ruang studi yang dominan warna hitam dan percikan kuning. Lantai 2 lebih privat karena hanya memuat tiga kamar tidur dan ruang nonton TV. (nor/c19/nda)

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? LOS: Ruang tamu dan ruang makan tanpa sekat. Sirkulasi udara mengalir lancar mulai bagian depan hingga taman belakang rumah.
IMAM HUSEIN/JAWA POS LOS: Ruang tamu dan ruang makan tanpa sekat. Sirkulasi udara mengalir lancar mulai bagian depan hingga taman belakang rumah.
 ?? IMAM HUSEIN/ JAWA POS ?? TINGGAL GANTI: Sentuhan warna kuning pada ruang kerja disematkan pada gorden.
IMAM HUSEIN/ JAWA POS TINGGAL GANTI: Sentuhan warna kuning pada ruang kerja disematkan pada gorden.
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? PILIHAN: Fasad hunian Putu Aneth Parintosa bernuansa kuning dan biru.
IMAM HUSEIN/JAWA POS PILIHAN: Fasad hunian Putu Aneth Parintosa bernuansa kuning dan biru.
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ??
IMAM HUSEIN/JAWA POS
 ??  ??
 ??  ?? NOBAR DI SINI: Ruang menonton TV di lantai 2 terletak di antara kamar utama dan kamar anak.
NOBAR DI SINI: Ruang menonton TV di lantai 2 terletak di antara kamar utama dan kamar anak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia