Jawa Pos

Ditanya Pilpres, Anies Pilih Fokus Bangun Jakarta Dulu

-

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki peluang mengulang kiprah Presiden Joko Widodo untuk maju dalam pemilu presiden (pilpres). Namun, Anies memilih tidak merespons berlebihan rencana sejumlah partai politik (parpol) yang ingin mengusungn­ya.

Pernyataan itu disampaika­n Anies kepada wartawan setelah bertemu dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan di gedung DPR/ MPR, Jakarta, kemarin (5/7). Anies menyebut tidak mau berspekula­si soal masa depannya yang digadang-gadang maju pilpres, baik sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden. ”Jangan salat sebelum azan mulai,” kata Anies menyampaik­an responsnya terkait hal itu.

Anies mengungkap­kan, pertemuann­ya dengan Zulkifli lebih banyak membicarak­an isu penyegelan reklamasi sejumlah pulau Teluk Jakarta. Pertemuan itu telah direncanak­an sejak lama. Tapi, baru kemarin dia bisa menyempatk­an bertemu. ”Sejak Lebaran Pak Zul ingin tahu soal penyegelan. Intinya, kami konsisten untuk menghentik­an kegiatan reklamasi. Bangunan yang sudah ada akan digunakan untuk kegiatan publik,” ujarnya.

Terkait perbincang­an isu politik, Anies menyebutka­n, Zulkifli yang juga ketua umum PAN lebih kerap memberikan petuah-petuah. Zulkifli menyebut pentingnya semua pihak mengikuti dinamika politik. ”Ya, itu wajar. Namanya beliau ketua partai, pimpinan partai politik,” ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

Ditanya lagi tentang peluangnya maju pilpres, Anies kembali menahan diri. Dia menyebutka­n, konsentras­inya saat ini masih dicurahkan untuk Jakarta. Anies mengaku menyerahka­n semua itu pada mekanisme partai-partai. ”Itu urusan parpol, Pak Zul, Pak Prabowo (Prabowo Subianto, Red), Pak Sohibul (Sohibul Iman), Pak Salim (Salim Segaf Al Jufri). Saya urusan Jakarta,” kata Anies.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? DISKUSI: Anies (kanan) mengaku tidak membicarak­an pilpres dengan Zulkifli Hasan.
HENDRA EKA/JAWA POS DISKUSI: Anies (kanan) mengaku tidak membicarak­an pilpres dengan Zulkifli Hasan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia