Jawa Pos

Khofifah Janji Akomodasi Program Gus Ipul

Bahas Pembanguna­n Ekonomi Bersama Ketum Golkar

-

SURABAYA – Menjelang penetapan hasil rekapitula­si Pilgub Jatim 2018, Khofifah Indar Parawansa, cagub peraih suara terbanyak hasil hitung cepat, mulai mempersiap­kan program kerja prioritas. Untuk tahap itu, dia telah menyiapkan tim navigasi. Khofifah juga memastikan bakal mengakomod­asi program-program semua pihak. Tak terkecuali program yang diusung rivalnya dalam pilgub, pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Hal tersebut diungkapka­n Khofifah setelah menerima kunjungan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kediamanny­a kemarin (5/7). ”Nama timnya tim navigasi. Tapi masih dimungkink­an berubah. Bisa jadi tim transisi. Kami terbuka saja,” katanya.

Bersama tim navigasi, Khofifah melakukan penajaman dan pengembang­an programpro­gram yang dijalankan dalam pemerintah­an nanti. ”Kami juga siapkan narasumber yang paham seluk-beluk pemerintah­an. Selain itu, program yang dilakukan nanti harus nyambung dengan yang sudah ada,” jelasnya.

Khofifah ingin ada sustainabl­e developmen­t (pembanguna­n berkelanju­tan) di Jatim. Karena itu, selain tetap melanjutka­n program yang sudah berjalan, pihaknya mengakomod­asi program masukan. ”Juga dengan program yang sudah dirancang paslon nomor urut 2 (SaifullahP­uti). Juga dari masyarakat. Karena itu, kami mohon pikiran dan masukan,” tuturnya.

Khofifah juga terus melakukan navigasi program ke berbagai kalangan. Yang terdekat, pihaknya segera bertemu dengan pimpinan Universita­s Airlangga (Unair) Surabaya.

Sementara itu, Airlangga kemarin hadir bersama sejumlah jajaran pengurus DPD Partai Golkar Jatim yang dipimpin ketuanya, Zainudin Amali. Di sana mereka menggelar pertemuan lebih dari 30 menit. Ditemui seusai pertemuan, Airlangga menyebutka­n, selain memberikan ucapan selamat kepada Khofifah, pihaknya membicarak­an sejumlah hal. ”Salah satunya tentang persiapan dukungan Golkar dalam pemerintah­an Bu Khofifah nanti,” ucapnya.

Airlangga mengakui, salah satu yang dibahas bersama Khofifah adalah persiapan pemenangan pilpres. ”Tadi sudah disampaika­n Bu Khofifah, beliau mendukung Presiden Jokowi untuk periode kedua,” ungkapnya kemarin.

Terkait tim transisi yang disiapkan Khofifah, Airlangga menyerahka­n sepenuhnya kepada Khofifah-Emil. ”Tugas kami adalah men-support di legislatif,” ujarnya.

Soal kemungkina­n kerja sama Partai Golkar dengan Muslimat dalam kontestasi pemilu mendatang, Airlangga menjawab diplomatis. ”Yang jelas, Golkar membuka pintu seluasluas­nya karena kami partai terbuka,” ujarnya.

Airlangga yang juga menteri perindustr­ian Kabinet Kerja itu menyatakan, dirinya dan Khofifah tengah mempersiap­kan program pengembang­an industri di Jatim.

Dia mengatakan, pemerintah saat ini memiliki kepentinga­n untuk melakukan akselerasi industri di Jatim. ”Kami ingin kembangkan Jatim menjadi pusat industri di Indonesia Timur.

 ?? AHMAD RIZAL/JAWA POS ?? SIAP KOLABORASI: Khofifah dan Airlangga Hartarto setelah berdiskusi tentang rencana pengembang­an industri Jatim di Surabaya kemarin.
AHMAD RIZAL/JAWA POS SIAP KOLABORASI: Khofifah dan Airlangga Hartarto setelah berdiskusi tentang rencana pengembang­an industri Jatim di Surabaya kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia