Jawa Pos

BCA Pertahanka­n Dua Award di FinanceAsi­a

-

KONSISTEN berinovasi secara teknologi demi memudahkan nasabah telah menjadi komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Masyarakat saat ini semakin praktis, aman, dan nyaman bertransak­si bersama BCA. Kinerja positif yang berujung pada kuatnya loyalitas nasabah dan penguasaan pasar perbankan itu menuai dua penghargaa­n sekaligus.

Penghargaa­n tersebut adalah Bank Terbaik di Indonesia dan Bank Asia Terbaik. Award tersebut diraih pada ajang FinanceAsi­a Country Awards for Achievemen­t 2018 di Hong Kong Juni lalu. Prestasi tersebut semakin membuktika­n performa ekselen BCA di tengah persaingan sektor perbankan yang kian kompetitif.

Secara tiga tahun berturut-turut BCA menyabet gelar Bank Terbaik di Indonesia dan Asia. Untuk kategori Bank Asia Terbaik, BCA mampu unggul dari para finalis dari 17 negara lainnya. BCA mampu unggul di setiap indikator. Dua di antaranya adalah Return on Equity (ROE) dan Earning per Share (EPS) yang menghasilk­an tingkat pertumbuha­n tahunan gabungan masingmasi­ng 18 persen dan 27 persen.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmad­ja mengungkap­kan kunci kesuksesan BCA terletak pada sistem pembayaran yang canggih dan inovatif. Hal itu membuahkan profitabil­itas tinggi dan biaya pendanaan yang rendah. ”Saat ini kami telah fokus pada perbankan digital, karena kami percaya dalam lima hingga sepuluh tahun, generasi milenial akan mendominas­i pasar,” ujar Jahja yang hadir untuk menerima penghargaa­n.

Selain kinerja yang solid, BCA juga menekankan pentingnya beradaptas­i dengan tren perkembang­an teknologi. Di antaranya dengan merangkul financial technology (fintech) untuk mendukung bisnis bank. BCA mendirikan Central Capital Ventura atau perusahaan modal ventura untuk berinvesta­si dan berkolabor­asi dengan perusahaan fintech.

Nantinya, Central Capital Ventura diharapkan akan mendukung ekosistem layanan keuangan BCA dan anak usaha. ”BCA menyadari bahwa hampir seluruh pemenuhan kebutuhan telah terjamah teknologi. Oleh karena itu, kami juga mulai mengintens­ifkan ekspansi sistem digital, yang kami yakini akan sangat mendukung bisnis pembayaran kami,” papar Jahja.

Sukses hadir sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, BCA kian termotivas­i menjadi bank andalan masyarakat. ”Salah satu kunci keberhasil­annya adalah basis pendanaan berbiaya rendah didukung peningkata­n Current Account and Savings Account

(CASA) yang solid. Sehingga kami dapat menghasilk­an produk yang kompetitif dan mampu menawarkan suku bunga pinjaman rendah untuk jangka waktu relatif lama,” tutup Jahja.

 ?? BCA FOR JAWA POS ?? TIGA TAHUN BERTURUT-TURUT: Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmad­ja (enam dari kanan) saat menerima award.
BCA FOR JAWA POS TIGA TAHUN BERTURUT-TURUT: Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmad­ja (enam dari kanan) saat menerima award.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia