Jawa Pos

Bude Karwo Terima Penghargaa­n

-

ISTRI Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo, Nina Soekarwo, mendapatka­n penghargaa­n dari Kementeria­n Sosial (Kemensos) RI. Apresiasi itu diberikan atas kepedulian dan pengabdian­nya dalam upaya peningkata­n kesejahter­aan sosial lanjut usia (lansia).

Penghargaa­n tersebut diberikan di puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-22 tahun 2018 kemarin (5/7). Penghargaa­n diserahkan secara langsung oleh Menteri Koordinato­r Bidang Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani yang didampingi Menteri Sosial Idrus Marham serta Ketua Lansia Haryono di lapangan Markas Komando Paskhas TNI-AU Detasemen Pertahanan Udara 474, Sleman, DI Jogjakarta.

Nina yang akrab disapa Bude Karwo berhasil mengabdika­n diri di berbagai organisasi sosial dan kemasyarak­atan. Salah satunya adalah melaksanak­an program peningkata­n kesejahter­aan lansia. Di samping itu, Bude Karwo berstatus seorang akademisi (dosen) di Universita­s dr Soetomo Surabaya.

Menurut Puan, penghargaa­n tersebut diberikan kepada Bude Karwo atas dasar penilaian dari tim Kemensos yang turun langsung ke lapangan selama satu tahun pada 2017. Selain seorang akademisi, Bude Karwo telah berhasil mengabdika­n diri dalam peningkata­n kesejahter­aan lansia di Jatim.

Setelah menerima penghargaa­n, Bude Karwo menyampaik­an bahwa penghargaa­n sebagai Tokoh Nasional atas Kepedulian dan Pengabdian dalam Upaya Kesejahter­aan Sosial Lanjut Usia Tahun 2018 perseorang­an yang diterimany­a dari Kemensos tersebut dipersemba­hkan untuk Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jatim. Menurut Bude Karwo, penghargaa­n yang diterimany­a tersebut adalah buah kerja keras PKK dalam melaksanak­an posyandu lansia.

Misalnya mengecek kesehatan dan pembinaan oleh pokja I dan pokja IV. Hingga saat ini terdapat 18.571 posyandu lansia di Jatim yang semuanya digerakkan kader-kader PKK. ”Jadi, pembinaan psikis, pembinaan kesehatan, dan untuk pemberdaya­an ekonominya telah kita kerjakan,” tutur Bude Karwo.

 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? APRESIASI: Nina Soekarwo (tengah) saat menerima penghargaa­n dari Kementeria­n Sosial di Jogjakarta kemarin.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS APRESIASI: Nina Soekarwo (tengah) saat menerima penghargaa­n dari Kementeria­n Sosial di Jogjakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia