Jawa Pos

Malaysia Punya Tim MotoGP

Mulai Berlaga Musim Depan

-

KUALA LUMPUR – Satu lagi gebrakan dari program motorsport Malaysia. Tim Sepang Internatio­nal Circuit (SIC) Racing memastikan diri akan turun di kelas utama MotoGP mulai musim depan. Mereka mengambil alih tim Angel Nieto untuk mengamanka­n dua entry list di kelas premium.

SIC akan menurunkan dua motor Yamaha YZR-M1. Keputusan itu sekaligus menghentik­an upaya Yamaha mencari pengganti tim satelit mereka, Tech 3, yang bakal bergabung dengan KTM musim depan. Sebelumnya, ada beberapa alternatif tim, salah satunya Marc VDS, termasuk Angel Nieto.

SIC Racing yang berada di bawah kepemilika­n Sirkuit Internasio­nal Sepang sebelumnya merambah kelas Moto3 dan Moto2 sejak berdiri pada 2014. Kini mereka mengukuhka­n posisi sebagai tim besar yang menyempurn­akan keikutsert­aannya di grand prix dunia. Tim itu didukung kuat oleh Petronas.

Tentang siapa yang bakal menunggang­i M1 musim depan, rumor santer menyebut nama mantan pembalap Repsol Honda Daniel Pedrosa dan rookie MotoGP 2017 Franco Morbidelli. Pedrosa sudah dipastikan hengkang dari timnya dan digantikan Jorge Lorenzo musim depan. Sedangkan Morbidelli saat ini masih membalap untuk Marc VDS.

Nah, Marc VDS sedang tersandung masalah internal yang berujung mundurnya sang manajer tim, Michael Bartholemy, awal tahun ini. Konflik yang berlarut tersebut sangat mungkin berdampak pada keikutsert­aan mereka di MotoGP musim depan. Mungkin grid MotoGP menyusut menjadi 11 tim saja tanpa Marc VDS. Sedangkan tim Angel Nieto mengalami kesulitan finansial sebelum diakuisisi SIC.

”Angel Nieto Racing Team (ANRT) dan Sepang Internatio­nal Circuit (SIC) secara prinsip telah mencapai kesepakata­n. Yakni, mulai musim 2019. Jorge Martinez ’Aspar’ akan tetap menduduki jabatan sebagai sporting advisor untuk tim baru ini,” bunyi pernyataan resmi tim seperti dikutip dari Motorsport. Kesepakata­n itu dicapai untuk waktu tiga tahun.

Tim Nieto didirikan oleh juara dunia kelas 80 cc dan 125 cc Jorge Martinez atau yang lebih dikenal dengan nama Aspar. Tim itu bernama Aspar sejak didirikan. Juga, baru berganti nama menjadi Angel Nieto akhir tahun lalu untuk menghormat­i legenda balap motor Spanyol. Sejak berlaga di MotoGP pada 2010, Aspar pernah menggunaka­n motor Ducati, Honda, dan Aprilia. Meski begitu, mereka belum pernah mencicipi podium. Finis terbaiknya adalah posisi keempat.

 ?? SIC RACING TEAM ?? NAIK KELAS: SIC Racing Team saat masih tampil di Moto2. Tim dari Malaysia itu musim depan bersaing di MotoGP.
SIC RACING TEAM NAIK KELAS: SIC Racing Team saat masih tampil di Moto2. Tim dari Malaysia itu musim depan bersaing di MotoGP.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia