Jawa Pos

Baru Menggila di Akhir Laga

-

SIDOARJO – Tertinggal 0-1 hingga menit ke-81 membuat publik tanah air sempat degdegan ketika timnas U-19 Indonesia meladeni Filipina U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tadi malam. Bayang-bayang kekalahan pertama di grup A Piala AFF U-19 2018 pun mulai terasa.

Ternyata, situasinya berubah pada menit ke-82. Setelah selama babak pertama melakukan banyak kesalahan passing plus ritme permainan yang lambat, akhirnya tim asuhan Indra Sjafri itu bangkit. Mereka menggila dalam sepuluh menit terakhir pertanding­an.

Ya, Indonesia tertinggal pada menit ke-33 melalui sepakan bebas Chester Gio Angeles. Setelah tertinggal gol, Indra akhirnya memutuskan memainkan Saddil Ramdani yang mulanya diistiraha­tkan karena padatnya jadwal pertanding­an. Saddil masuk untuk menggantik­an Samuel Christians­on (36’).

Sejatinya, sejak masuknya Saddil, permainan Indonesia berubah. Hanya, performa kiper Filipina Jessie Semblate membuat banyak peluang tuan rumah dipaharus tahkan. Akhirnya, baru pada menit ke-82 pemain Persela Lamongan itu menyamakan skor.

Lalu, dia kembali mencetak gol pada menit ke-86. Dua gol tambahan lainnya dicetak Firza Andika (83’) dan Todd Rivaldo Ferre (90+1’). ’’Ini pertanding­an yang memberikan banyak drama dan pembelajar­an bagi pemain kami. Saya salut dengan mental mereka,’’ tutur Indra. ’’Pergantian pemain baru mulai bisa membongkar pertahanan Filipina,’’ imbuh mantan pelatih Bali United itu.

Di sisi lain, pelatih Filipina Hirata Reiji mengakui keunggulan Indonesia. Meski begitu, Hirata tetap mengapresi­asi anak asuhnya yang mampu mengimbang­i permainan Indonesia. ’’Strategi Indonesia bagus. Mereka juga punya talenta yang bagus,’’ ucapnya. ’’Kiper kami sudah bermain sangat bagus. Hanya, kali ini dia kurang beruntung,’’ imbuh Hirata.

Sayang, kemenangan Indonesia dibayar mahal. Setelah pertanding­an, Saddil mengalami pendarahan di hidung setelah berbentura­n dengan salah seorang pemain Filipina dan langsung dilarikan ke RSUD Sidoarjo. ’’Kami masih melakukan observasi kepada Saddil,’’ ucap Indra.

Dalam laga lainnya, Thailand pesta enam gol ke gawang Singapura. Vietnam juga menang telak 4-1 atas Laos.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? LINCAH: Todd Rivaldo Ferre (kiri) ketika melepas tendangan yang berujung gol terakhir Indonesia U-19 ke gawang Filipina U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tadi malam.
GALIH COKRO/JAWA POS LINCAH: Todd Rivaldo Ferre (kiri) ketika melepas tendangan yang berujung gol terakhir Indonesia U-19 ke gawang Filipina U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tadi malam.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia