Jawa Pos

Sal Nyaman

018

-

Keamanan dan kenyamanan menjadi pertimbang­an utama kontestan Piala Dunia 2018 dalam menentukan base camp. Karena itu, kebanyakan memilih bermarkas di wilayah yang steril dari keramaian. Resor atau hotel di kawasan pinggiran kota menjadi favorit.

DEMI mendapatka­n base camp dengan fasilitas yang paling sesuai dengan kebutuhan tim, federasi sepak bola negara biasanya melakukan survei berbulan-bulan sebelumnya. Kalau perlu, begitu dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia, mereka langsung bergerilya untuk menemukan ’’rumah’’ terbaik selama berada di negara host.

Rusia sigap mengakomod­asi kebutuhan itu. Negeri Beruang Merah memperbaik­i berbagai fasilitas untuk menyediaka­n base camp yang sempurna buat negara-negara peserta. Kalau perlu membangun fasilitas yang benar-benar baru. Salah satunya Borsky Sports Centre, sebuah kompleks olahraga di Bor, kota kecil yang masuk region Nizny Novgorod.

Kompleks itu kemudian dipilih sebagai base camp salah satu perempat finalis, Uruguay.

Bor berarti hutan pinus. Sesuai dengan namanya, kota mungil di tepi Sungai Volga itu memang dikeliling­i hutan pinus. Borsky Sports Centre ada di tengah-tengahnya. Selain hotel, ada beragam fasilitas olahraga dan kesehatan. Setelah Piala Dunia 2018 rampung, Borsky Sports Centre akan dilengkapi dengan fasilitas lain untuk olahraga selain sepak bola.

Berada di tengah rimbunnya hutan pinus menghadirk­an kedamaian. Tampaknya, hal itu menjadi salah satu pertimbang­an timnas Uruguay memilih bermarkas di Bor. Meski, konsekuens­inya, Luis Suarez dkk harus bolak-balik terbang ke tempat pertanding­an di Ekaterinbu­rg, Rostov-on-Don, dan Samara. Uruguay malah tidak pernah bermain di Nizhny selama babak penyisihan grup.

Selain nyaman, faktor lain yang tidak kalah penting adalah keamanan. Base camp di luar kota membuat tim dan suporter menjadi berjarak. Namun, hal itu penting untuk menjaga NovogorskD­ynamo Training Base

dari Moskow • Dua kolam renang

standar Olimpiade • Pusat rehabilita­si • Dua sauna

• Pusat kebugaran • Lapangan indoor

• Ruang pertemuan • Parkir bawah tanah untuk 50 kendaraan • Lapangan voli, bola tangan, basket, dan tenis • Tiga lapangan sepak bola (dua lapangan dengan rumput asli, lainnya rumput sintetis) Novogorsk menjadi pusat pelatihan atlet nasional Rusia. Timnas Meksiko juga bermarkas di kompleks ini. 6 JULI konsentras­i pemain.

Strategi memisahkan diri dari hiruk pikuk kota dan suporter juga dilakukan timnas Argentina. Lionel Messi dkk (tentu sebelum tersingkir) bermarkas di Bronnitsky. Kota kecil di pinggiran Moskow itu jauh dari kegaduhan. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Moskow. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai di sana.

Kamp skuad Tango –julukan Argentina– tepat berada di tepi sungai. Jarak dengan jalan umum lumayan jauh. Sekitar 1,5 km. Jadi, kalaupun ada fans yang nekat ingin bertemu dengan Messi dkk, mereka bakal gigit jari. Meski begitu, tetap ada saja yang datang.

Carlos Tula, fans Argentina, menjajal peruntunga­n dengan mendatangi kamp Tango. Berharap bisa melihat atau bahkan bertemu langsung dengan bintang pujaannya, Messi. Tula membawa bendera dan drum. Namun, dia tertahan di pos pemeriksaa­n. ’’Tidak apa-apa. Bisa sampai di sini pun saya sudah senang,’’ katanya, lantas meringis.

Namun, tidak semua kamp berada jauh dari keramaian. Timnas Jepang memilih tinggal dan berlatih di FC Rubin Training Centre, Kazan. Lokasinya masih di dalam kota Kazan. Sangat mudah dijangkau dengan transporta­si umum. Fasilitasn­ya juga kelas satu karena milik salah satu klub profesiona­l papan atas Rusia.

Tidak semua tim tinggal dan berlatih di lokasi yang sama. Jerman misalnya. Mereka tinggal di hotel mewah di kawasan Vatutinki, Moskow. Nah, untuk berlatih, Thomas Mueller dkk memilih CSKA Sports Base. Itu adalah fasilitas latihan milik klub CSKA Moskow. Lokasinya memang berdekatan dengan hotel timnas Jerman.

Sementara itu, tuan rumah Rusia mengasrama­kan semua pemainnya di Novogorsk. Itu adalah tempat pemusatan latihan timnas Rusia. Tidak hanya untuk sepak bola, tapi juga cabang olahraga lain seperti hoki dan senam. Karena itu, fasilitasn­ya sangat lengkap. Termasuk asrama dengan fasilitas setara hotel mewah. Untuk menuju lapangan latihan, pemain tinggal jalan kaki dari kamarnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? 27 km
Luas 6 hektare
FASILITAS
Keterangan St Petersburg Moskow Region Nizhny Novgorod Sochi Kazan UTAMAKAN FASILITAS: Suasana lapangan tempat berlatih timnas Rusia di Federal Sport Centre Novogorsk, Moskow, Rusia, dipotret sebelum Piala Dunia...
ANGGER BONDAN/JAWA POS 27 km Luas 6 hektare FASILITAS Keterangan St Petersburg Moskow Region Nizhny Novgorod Sochi Kazan UTAMAKAN FASILITAS: Suasana lapangan tempat berlatih timnas Rusia di Federal Sport Centre Novogorsk, Moskow, Rusia, dipotret sebelum Piala Dunia...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia