Jawa Pos

Kita Masih Berlaku Primitif

-

terima kasih dalam bahasa Rusia. Padahal, kekalahan mereka begitu tragis. Unggul dulu 2-0, lalu dibalik menjadi 2-3. Gol penentu Belgia yang dicetak Nacer Chadli juga lahir pada menit ke-90+4. Sungguh bikin sesak dada.

Namun, orang Jepang mengajarka­n kepada seluruh dunia bahwa kepedihan karena sepak bola tidak menjadi pembenar untuk berlaku nista. Karena sikapnya yang luar biasa itu, tim Jepang layak menjadi juara sesungguhy­a pada Piala Dunia 2018 ini.

Jepang menunjukka­n bahwa kemanusiaa­n, sikap saling peduli, dan respek kepada orang lain memiliki nilai yang jauh lebih tinggi ketimbang sekadar soal menang atau kalah dalam arena sepak bola.

Piala Dunia 2018 menjadi panggung yang sangat tepat bagi Jepang untuk semakin memperkena­lkan prinsip-prinsip moralnya. Berkat foto ruang ganti itu, banyak orang yang belakangan baru ngeh bahwa Jepang benar-benar melaksanak­an metode 5S dalam keseharian­nya. Yakni, seiri (ringkas), seiton (rapi), seiso (resik), seiketsu (rawat), dan shitsuke (rajin).

Satu lagi, orang Jepang benar-benar menghargai lawan bicara. Sekaliber bintang besar seperti Keisuke Honda, misalnya, kerap dalam posisi menunduk saat diwawancai jurnalis. Tutur katanya halus. Bahasa tubuhnya menunjukka­n bahwa dia sangat hormat pada pekerjaan wartawan.

Sebaliknya, para jurnalis juga sopan dan jujur dalam melakukan tugasnya. Dengan prinsip-prinsip moral seperti itu, tidak heran prestasi Jepang begitu mentereng dalam berbagai bidang, termasuk sepak bola.

Samurai Biru selalu lolos dalam enam Piala Dunia terakhir. Yang lebih hebat, tahun ini Makoto Hasebe dkk menjadi satu-satunya tim Asia yang sukses melaju ke babak 16 besar.

Sementara sepak bola Jepang sudah begitu maju dan berhasil merebut hati dunia, di Jember masih ada manusia-manusia yang bertingkah begitu primitif. Saya tidak bisa apa-apa selain hanya mengelus dada. Sampai kapan kita akan seperti ini?

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? BERADAB: Suasana media center di base camp timnas Jepang sangat bersih, rapi, dan teratur. Pengunjung pun jadi sungkan meninggalk­an sampah makanan atau botol kosong di sini.
ANGGER BONDAN/JAWA POS BERADAB: Suasana media center di base camp timnas Jepang sangat bersih, rapi, dan teratur. Pengunjung pun jadi sungkan meninggalk­an sampah makanan atau botol kosong di sini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia