Jawa Pos

Ekstrawasp­ada gara-gara Kartu

-

PEREMPAT final jadi fase yang paling krusial di Piala Dunia. Sebab, dengan peraturan pemutihan kartu baru diterapkan di semifinal, pemain yang sudah mengantong­i satu kartu kuning harus ekstrawasp­ada kalau tidak ingin absen di empat besar. Prancis menjadi salah satu tim yang ketir-ketir. Bagaimana tidak, ada empat pemain yang sudah mengoleksi satu kartu kuning. Mereka adalah Olivier Giroud, Paul Pogba, Benjamin Pavard, dan Corentin Tolisso. Apesnya, tiga nama awal sangat mungkin jadi starter pada laga malam ini. Itu memperbesa­r kans mereka membukukan kartu kuning kedua. Blaise Matuidi sudah merasakann­ya saat harus absen malam ini karena akumulasi kartu kuning yang diterimany­a saat melawan Argentina di 16 besar. Prancis sangat merugi bila empat atau salah seorang pemain yang sudah mendapatka­n kartu kuning tadi benar-benar absen di semifinal. Sebab, potensi lawan mereka di empat besar adalah antara Brasil atau Belgia.

’’Di Piala Dunia, Anda (harus) memiliki pemain-pemain toplevel. Sebab, inilah kesempatan emas untuk menunjukka­n semua yang Anda punya. Tidak ada tempat yang lebih baik (untuk unjuk kemampuan, Red) dari Piala Dunia,’’ ucap wonderkid Prancis Kylian Mbappe. Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan Uruguay. Hanya ada satu pemain dari pasukan Oscar Tabarez itu yang sudah mendapatka­n satu kartu kuning, yakni Rodrigo Bentancur.

Itu membuat Diego Godin dkk bisa lebih total pada pert andingan malam nanti. Sebab, Uruguay sudah minus top scorer sementara mereka di Rusia, Edinson Cavani, karena cedera. Tetapi, ’’rekor’’ tim dengan koleksi kartu kuning terbanyak jelang delapan besar adalah Kroasia. Ada delapan pemain Vatreni yang berpotensi absen di semifinal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia