Jawa Pos

Batasi Potensi Mbappe

-

NIZHNY NOVGOROD – Bukan Antoine Griezmann. Nyawa Prancis dalam Piala Dunia 2018 ini selalu diselamatk­an Kylian Mbappe. Dialah yang menentukan victoire Prancis atas Peru 1-0 pada matchday kedua fase grup (21/6). Brace (dua gol) Donatello –julukan Mbappe di klubnya, Paris Saint-Germain– pun membal ikkan ketertingg­alan melawan Argentina (30/6).

Nah, setelah sukses mengantark­an Les Bleus –julukan Prancis– ke perempat final di Piala Dunia pertamanya, akankah winger 19 tahun itu kembali menjadi sensasi? Kebetulan, Uruguay sebagai lawannya di perempat final merupakan tim dengan defense terbaik di Piala Dunia 2018. Dia akan membuktika­nnya di Nizhny Novgorod Stadium nanti malam WIB (siaran langsung Trans TV pukul 21.00 WIB).

’’Mbappe, semuanya sudah paham siapa dia. Mbappe penyerang yang bagus. Tetapi, saya pikir kami memiliki pertahanan yang kukuh untuk mengontrol­nya (Mbappe),’’ koar Luis Suarez yang menjadi motor serangan lini depan Uruguay seperti dilansir Sky Sports. Pada Piala Dunia ini, La Celeste –julukan Uruguay– baru kemasukan satu gol. Satu-satunya noda yang membuyarka­n

clean sheet Diego Godin dkk terjadi saat menang 2-1 atas Portugal di 16 besar dan gawang Fernando Muslera dijebol center back Portugal Pepe. Pelajarann­ya, bukan Cristiano Ronaldo sebagai bomber Portugal yang bisa menjadi pemain pertama penakluk defense Uruguay.

Itulah yang akan berusaha diu lang skuad besutan Oscar Washington Tabarez tersebut kepada Mbappe. ’’Dia (Mbappe) lebih berbahaya ketimbang Griezmann,’’ tambah Suarez. El Pistolero –julukan Suarez– tahu kualitas Griezmann karena sama-sama main di La Liga. Grizzi –julukan Griezmann– bermain di Atletico Madrid. Suarez bermain di Barcelona.

Sementara itu, Mbappe yang dijuluki Si 37 setelah dua golnya melawan Argentina bermain di PSG. Dengan beroperasi di sisi kiri area pertahanan Uruguay, Mbappe akan langsung head- to- head menghadapi Godin dan Diego Laxalt. Mereka harus mencegah Mbappe mencetak gol keempat di Piala Dunia pertamanya.

Dengan kemampuan versatilen­ya, tactician Prancis Didier Deschamps tak hanya berpatokan pada posisi winger kanan untuk mengeksplo­rasi agresivita­s Mbappe. Sebagaiman­a dilansir ESPN, dia bahkan sedang memikirkan untuk memb erikan peran ba- ru kepada Mbappe di laga ini.

Tak cuma menyisir di sisi kanan, Mbappe pun disebut Didi –sapaan akrab Deschamps– bisa bermain di posisi nomor sembilan. Pada Piala Dunia 2018, Olivier Giroud lebih sering menjadi pilihan utama.

Apalagi, dengan tipikal tembok kukuh Uruguay, Prancis butuh serangan yang lebih cair di lini depan. ’’Kami harap itu bisa jadi posisi terbaiknya,’’ lanjut pelatih dengan laga terbanyak di timnas Prancis itu. Selain Mbappe, Griezmann bisa bermain di posisi sembilan. Entah di Prancis maupun Atletico Madrid.

Kebetulan, dia bakal berduel dengan Godin, rekan setimnya di Atletico. Dikutip Sport24, pemain pengidola David Beckham itu sudah bisa menebak bentrokan di lini belakang Uruguay melawan Godin. ’’Jangan terlalu terpaku padanya (Mbappe), sebab itulah yang akan kami jadikan celah menembus pertahanan mereka.’’ Demikian peringatan yang diucapkan Griezmann.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia