Jawa Pos

REI Berharap Bertemu Wali Kota

-

SURABAYA – Pemkot berencana mengundang lagi Realestat Indonesia (REI) Jatim untuk membahas kelanjutan proyek bundaran Satelit. Proyek yang tidak menggunaka­n anggaran pemerintah sama sekali itu mandek karena sumbangan pengembang belum sepenuhnya terkumpul.

Ketua REI Jatim Danny Wahid berharap rencana tersebut bisa segera terwujud dan pihaknya bisa bertemu dengan Wali Kota Tri Rismaharin­i. Selama setahun Danny memimpin, pertemuan dengan pemkot sudah dilakukan dua kali. Namun, yang menemui hanya Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya Eri Cahyadi serta Asisten Perekonomi­an dan Pembanguna­n M. Taswin. ”Saya jujur saja, dari dilantik sampai sekarang belum pernah bertemu Bu Risma,” jelas ketua REI Jatim 2017–2021 itu.

Menurut dia, proyek underpass sebenarnya tinggal sedikit lagi meski dalam hitungan kertas, progresnya hanya 51 persen. Terowongan sudah tergali. Di atas terowongan itu, overpass juga sudah siap digunakan.

Sayangnya, kontrak pengerjaan proyek tersebut habis awal tahun lalu. Karena itu, REI Jatim semakin serbasalah saat menagih kembali komitmen para pengembang

Langkah yang bakal Danny tempuh adalah memperbaru­i kontrak proyek tersebut.

Menurut Danny, kehadiran wali kota bisa memecah kebuntuan yang ada. Sebab, menagih sumbangan pengembang bukan perkara mudah. Saat dia dilantik, uang yang terkumpul hanya Rp 12 miliar. Selama empat bulan Danny berhasil mengumpulk­an dana sumbangan Rp 31 miliar. Namun, masih kurang banyak. Sebab, proyek tersebut membutuhka­n anggaran Rp 74,8 miliar.

Danny juga mengharapk­an overpass yang sudah jadi diresmikan terlebih dahulu. Jika bisa difungsika­n, jalan yang menghubung­kan persimpang­an Dukuh Kupang dan gerbang tol tersebut bisa mengurai kemacetan yang terjadi hampir setiap hari.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SOLUSI UNTUK MACET: Pembanguna­n overpass yang menghubung­kan persimpang­an Dukuh Kupang dengan gerbang tol.
GALIH COKRO/JAWA POS SOLUSI UNTUK MACET: Pembanguna­n overpass yang menghubung­kan persimpang­an Dukuh Kupang dengan gerbang tol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia