Jawa Pos

Para Saksi Pertanyaka­n Sisa Surat Suara

-

SURABAYA – KPU Surabaya merekapitu­lasi penghitung­an suara pemilihan gubernur kemarin. Proses rekapitula­si tersebut berjalan cukup lama. Sebab, saksi dari setiap pasangan calon diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan keberatan.

Salah satu yang menjadi sorotan saksi kedua paslon adalah penghitung­an sisa surat suara yang tidak pasti. KPU Surabaya sebelumnya menjelaska­n bahwa setiap tempat pemungutan suara (TPS) mendapat tambahan 2,5 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT). Itu diberlakuk­an untuk mengantisi­pasi tambahan pemilih dari warga yang tidak masuk DPT.

Namun, sisa surat suara maupun surat suara tambahan tersebut tidak masuk laporan panitia pemilihan kecamatan (PPK). ”Di sini tidak ada laporan dari PPK berapa surat suara yang tersisa. Padahal, seharusnya itu kan dicatat,” ujar saksi paslon nomor urut 2 Sukadar kemarin (5/7).

Dia juga menyoroti besarnya jumlah pemilih yang tidak masuk DPT yang akhirnya ikut mencoblos. KPU memang memperbole­hkan warga yang tidak masuk DPT tapi memiliki KTP di daerah tertentu untuk mencoblos di TPS sesuai KTP. Namun, saksi menilai jumlahnya terlalu besar sebagai pemilih tambahan. Jumlah daftar pemilih pindahan (DPPh) juga tinggi. ”Persentase terbesar ada di Kelurahan Gayungan. Besar sekali yang hanya memakai KTP di situ,” tuturnya.

Hal serupa disampaika­n saksi pasangan calon nomor urut 1 Agus Sudarsono. ”Jumlah DPT dan tambahan persentase 2,5 persen nanti harus benar-benar dicatat karena ini sifatnya situasiona­l,” jelas Agus.

Sementara itu, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menyebutka­n bahwa proses rekapitula­si ditargetka­n bisa diselesaik­an dalam waktu sehari. ”Hanya ada sedikit perbedaan jumlah daftar pemilih pindahan,” jelasnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SUARA WARGA KOTA: Petugas mengangkat kotak suara dari Kecamatan Benowo dalam rekapitula­si suara pilgub di kantor KPU Surabaya kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS SUARA WARGA KOTA: Petugas mengangkat kotak suara dari Kecamatan Benowo dalam rekapitula­si suara pilgub di kantor KPU Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia