Jawa Pos

Belum Tampung Penggiat Sejarah

Pembahasan Perubahan Nama Jalan

-

SURABAYA – Penolakan perubahan nama Jalan Dinoyo dan Gunungsari gencar disuarakan Sjarikat Poesaka Soerabaia atau Surabaya Heritage Society (SHS) sejak Maret lalu. Namun, panitia khusus (pansus) perubahan nama jalan DPRD Surabaya belum melibatkan mereka sama sekali dalam pembahasan di dewan.

Sebulan belakangan, pihak yang diundang hanya berasal dari pemkot, pakar sejarah, dan Pemprov Jatim sebagai pengusul. Pansus masih mendengark­an alasan Pemprov Jatim mengusulka­n perubahan nama jalan tersebut. Ketua Pansus Perubahan Nama Jalan Fatchul Muid menerangka­n bahwa SHS bakal diundang untuk memberikan pendapatny­a. Menurut dia, pandangan dari pihak yang menolak harus ditampung agar berimbang. ’’Rapat selanjutny­a dilakukan pada 10 Juli pukul 10.00,” jelas anggota Fraksi Hanura, Nasdem, dan PPP (Handap) tersebut.

Secara pribadi, Fatchul menyatakan tidak sepakat dengan perubahan nama Jalan Dinoyo menjadi Jalan Sunda serta Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi. Meski, yang diubah hanya sebagian ruas. Alasannya, ada dua ribu warga yang terdampak perubahan alamat. Mereka bakal direpotkan untuk mengurus perubahan KTP, sertifikat tanah, dan administra­si lainnya. Selain itu, nilai sejarah di dua jalan tersebut begitu tinggi.

Direktur SHS Freddy H. Istanto mengungkap­kan, SHS tetap menolak perubahan nama jalan tersebut. Freddy menyaranka­n, nama yang diusulkan dialihkan ke jalan-jalan baru atau jalanjalan yang dinamai sendiri oleh pengembang. ”Nama-nama jalan marketing kan banyak. Kenapa ganggu yang nilai sejarahnya tinggi?” ujar dekan Fakultas Industri Kreatif Universita­s Ciputra Surabaya itu.

Pemkot juga sedang membangun jalan lingkar luar barat dan timur (JLLB dan JLLT). Middle east ring road (MERR) sisi Gunung Anyar juga dikerjakan tahun ini. Dua nama jalan yang diusulkan Pemprov Jatim tersebut bisa disematkan ke jalan-jalan itu.

Freddy menyatakan, Jalan Dinoyo dan Gunungsari memiliki nilai sejarah tinggi.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? JALAN LEGENDARIS: Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Gunungsari. Rencananya, nama jalan di sana akan diubah menjadi Jalan Prabu Siliwangi.
DITE SURENDRA/JAWA POS JALAN LEGENDARIS: Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Gunungsari. Rencananya, nama jalan di sana akan diubah menjadi Jalan Prabu Siliwangi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia