Jawa Pos

Hari Ini Jalur Mitra Warga SMPN Diumumkan

-

SIDOARJO – Hari ini (6/7) nama-nama siswa yang diterima di jalur mitra SMPN diumumkan di setiap sekolah. Yang diterima bisa langsung mendaftar ulang. Batas daftar ulang hanya berlangsun­g sampai besok. Dua hari saja.

Sejak 3 Juli hingga kemarin (5/7), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo memverifik­asi ulang data yang masuk dari setiap sekolah. Tujuannya, memastikan calon pendaftar memenuhi persyarata­n. Yakni, berasal dari keluarga kurang mampu, anak dari tenaga pendidik dan kependidik­an, dan lokasi tempat tinggal mereka dekat dengan sekolah.

’’Sekolah-sekolah sudah survei dan me-ranking sesuai dengan hasil visitasi. Kami verifikasi ulang yang kurang dan kami tetapkan,’’ ujar Sekretaris Dikbud Sidoarjo Tirto Adi.

Tim survei tersebut terdiri atas empat komponen. Yakni, tim perwakilan dari seksi pembinaan sekolah dan kesiswaan bidang SD/SMP, perwakilan SMPN, seksi kesejahter­aan sosial kecamatan, serta koordinato­r wilayah kecamatan. ’’Biar benar-benar valid dan memang layak masuk mitra warga,’’ terang Tirto.

Jalur mitra warga ini merupakan tahap terakhir PPDB di sekolah. Berdasar pantauan Jawa Pos, cukup banyak pendaftar jalur mitra warga di sejumlah SMPN. Bahkan, sebagian besar melebihi kuota yang ada. Misalnya, SMPN 2 Waru. Kuota awal mitra warga di sana adalah 44 kursi. Ditambah yang tidak daftar ulang, ada 36 siswa. Jadi, total kuota mitra warga di sana mencapai 80 kursi. Meski begitu, jumlah pendaftarn­ya melebihi kuota tersebut. Ada sekitar 90 calon siswa yang mendaftar jalur mitra warga di sana. ’’Antusiasme warga memang tinggi. Dulu, di jalur reguler, warga masih takut daftar karena nilainya kurang,’’ kata Hariono, kepala SMPN 2 Waru.

Jalur mitra warga di SMPN lain tidak jauh beda. Pendaftarn­ya membeludak. Misalnya, di SMPN 1 Taman. Jumlah pendaftar tercatat sekitar 80 anak. Di SMPN 5 Sidoarjo, ada sekitar 55 siswa yang daftar.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? TERIMA BERKAS: Petugas PPDB SMPN 5 melayani calon wali murid yang mendaftar jalur mitra warga Senin (2/7).
FIRMA ZUHDI/JAWA POS TERIMA BERKAS: Petugas PPDB SMPN 5 melayani calon wali murid yang mendaftar jalur mitra warga Senin (2/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia