Jawa Pos

FAKTOR PENGHAMBAT EVAKUASI

-

CUACA

Prakiraan cuaca menyebutka­n, mulai

Sabtu (7/7) sampai Kamis (12/7), hujan deras akan mengguyur Provinsi Chiang Rai. Itu akan membuat ketinggian genangan air banjir di dalam gua meningkat. Bahkan, area yang kini menjadi lokasi bertahan para korban pun rawan terendam air banjir. Sejak Senin (2/7), curah hujan di Mae Sai relatif rendah.

DASAR GUA

Bebatuan yang berada di dasar Gua Tham Luang Nang Non berpori. Jika teraliri air, dasar gua akan berubah menjadi seperti spons raksasa. Akibatnya, dasar gua menjadi lembek dan berlumpur.

PENCAHAYAA­N

Salah satu gua terpanjang di perbukitan Doi Nang Non itu sangat gelap. Cahaya hanya bisa menembus area di sekitar mulut gua. Perut gua sepanjang 10 kilometer itu didominasi kegelapan.

GENANGAN AIR

Tim penyelamat sulit membuang air yang menggenang­i gua. Sejak hari pertama para korban dinyatakan hilang, air terus-menerus dipompa ke luar, tetapi gua tidak kunjung kering.

ARUS DERAS

Arus banjir di dalam gua sangat deras. Menyelam tanpa cahaya yang cukup dalam arus deras sangat berbahaya.

BERLIKU

Kendati area di bagian mulut gua lega, ketinggian lorong di dalamnya tidak sama. Ada bagian yang pendek dan cenderung sempit. Bahkan, ada bagian yang hanya bisa dilewati satu orang tanpa barang bawaan.

RERUNTUHAN

Beberapa area di dalam gua menjadi susah dilalui karena terhalang reruntuhan gua dan juga sampah.

 ??  ??
 ?? Sumber: CNN, Reuters ??
Sumber: CNN, Reuters

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia