Jawa Pos

Kenali Dunia Anak, Diskusikan Konten

-

Aplikasi media sosial berbasis video musik sedang menjamur. Ada yang dibuat untuk lucu-lucuan dan menuai pujian, tetapi tak sedikit yang lantas menjadi korban perundunga­n. Orang tua perlu memahami hal-hal ’’baru’’ seperti ini.

APLIKASI media sosial berbasis video musik bisa berdampak positif maupun negatif. Sisi positifnya, mengasah kreativita­s, membangun rasa percaya diri, dan mengembang­kan keterampil­an sosial. Namun, terdapat beberapa sisi negatif, terutama bagi anak-anak dan remaja. Kondisi itu berkaitan dengan perkembang­an otak bagian prefrontal cortex yang berlangsun­g pada masa anakanak dan remaja. Bagian tersebut berfungsi memahami bahwa perilaku yang dilakukan bisa berakibat fatal. Bagian itu pula yang berperan sebagai pusat pengendali­an diri. Karena itu, anak dan remaja sangat mungkin merekam hal-hal yang negatif dan akibatnya kurang dipikirkan.

Di samping itu, terlalu sering merekam diri sendiri dan menuai pujian berisiko membuat anak terlalu self-centered. Mereka lantas mencintai dirinya sendiri. ’’Sehingga kurang memiliki rasa empati terhadap lingkungan,’’ tutur Chitra Annisya MPsi, psikolog dari TigaGenera­si. Prestasi sekolah sering kali terkena imbasnya. Gawat, kan?

Dia menegaskan, orang tua masa kini harus melengkapi diri dengan update yang sedang happening dalam pergaulan anak. Termasuk gadget, internet, hingga aplikasi yang digunakan anak. Setiap aplikasi punya batasan usia minimum yang harus diikuti dan tidak dilanggar. Dengan bersikap tegas dan taat aturan, anak di bawah usia pun akan lebih terlindung­i dari bahaya internet.

Yang tak kalah penting, menurut Chitra, ayah dan ibu harus memantau sejauh mana perilaku dan pemahaman anak di dunia digital. ’’Diskusikan konten seperti apa yang layak ditampilka­n dan konten apa saja yang tidak boleh ditampilka­n,’’ paparnya.

 ?? MODEL MILKA MELVARIZA DAN VIRGIANTY KUSUMAH – DITE SURENDRA/JAWA POS - GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ?? TERBUKA: Kedekatan anak dengan gadget memerlukan perhatian orang tua agar anak tak salah langkah.
MODEL MILKA MELVARIZA DAN VIRGIANTY KUSUMAH – DITE SURENDRA/JAWA POS - GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS TERBUKA: Kedekatan anak dengan gadget memerlukan perhatian orang tua agar anak tak salah langkah.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia