Jawa Pos

Samai 2008, Bekal Wujudkan Emas di AG 2018

-

JAKARTA – Kalau Blibli Indonesia Open 2018 bisa dijadikan cerminan Asian Games mendatang, Indonesia patut optimistis. Target satu emas bakal bisa terpenuhi

Sebab, di final kemarin di Istora Senayan, Jakarta, yang juga akan jadi venue Asian Games 2018, Indonesia sukses meraih dua gelar. Dua gelar tersebut datang dari dua pasangan yang di atas kertas memang paling diandalkan untuk merebut emas di ajang empat tahunan itu.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir merebut gelar ganda campuran setelah menundukka­n Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 21-17, 21-8. Pasangan Malaysia itu adalah lawan yang juga mereka kalahkan di final Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Gelar kedua datang dari ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Di partai puncak, Minions –julukan Marcus/Kevin– menundukka­n pasangan Jepang Takuto Inoue/Yuki Kaneko 21-13, 21-16.

Kesuksesan Owi/Butet dan Marcus/Kevin itu berarti untuk kali pertama dalam 10 tahun terakhir Indonesia merebut dua gelar dari Indonesia Terbuka. Satu dekade silam itu, yang meraih gelar adalah Sony Dwi Kuncoro (tunggal putra) dan Vita Marissa/Liliyana Natsir (ganda putri).

’’Kami nggak mau mikir terlalu jauh. Saat ini kami hanya ingin melakukan yang terbaik, bersyukur akhirnya bisa menang,” ucap Marcus.

Setelah Blibli Indonesia Open, Minions yang tahun ini juga sudah merebut gelar di Indonesia Masters, India Terbuka, dan All England akan kembali diuji di kejuaraan dunia. Ajang tersebut bakal dihelat di Nanjing, Tiongkok, pada 30 Juli–5 Agustus.

Sebaliknya, Owi/Butet bakal absen dari kejuaraan yang tahun lalu mereka menangi tersebut. Dengan usia Owi yang telah 30 tahun dan Butet lebih tua dua tahun, plus Butet baru pulih dari cedera, PBSI dan tim pelatih memutuskan keduanya difokuskan ke Asian Games. Asian Games bakal berlangsun­g pada 18 Agustus–2 September di Jakarta dan Palembang.

Sementara itu, Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto mengapresi­asi capaian pebulu tangkis Indonesia di BIO 2018. ’’Ini merupakan gambaran peta persaingan untuk Asian Games,” jelasnya.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? JUARA GANDA CAMPURAN: Selebrasi Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Istora Senayan, Jakarta, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS JUARA GANDA CAMPURAN: Selebrasi Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Istora Senayan, Jakarta, kemarin.
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? KAMPIUN GANDA PUTRA: Takuto Inoue (kiri)/ Yuki Kaneko mengajak Kevin/Marcus berswafoto setelah menerima medali.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS KAMPIUN GANDA PUTRA: Takuto Inoue (kiri)/ Yuki Kaneko mengajak Kevin/Marcus berswafoto setelah menerima medali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia