Jawa Pos

Kabar Keliru tentang Hujan Ikan di Thailand

-

SEBUAH pesan aneh beredar melalui aplikasi WhatsApp. Pesan itu disertai video dengan narasi telah terjadi hujan ikan di Thailand. Dalam video tersebut memang tampak ikan-ikan yang berjatuhan dari langit. Kemudian, pada bagian lain, terdapat orangorang mengambil ikan yang ada di jalanan.

”Para ilmuwan masih bingung dengan kejadian misterius ini. Tentu saja, di mana pengetahua­n manusia berakhir, di situlah kekuatan Tuhan dimulai. Penjelasan untuk fenomena ini dikenal sebagai waterwheel. Tornado menghantam laut dan menghisap segala sesuatu di jalannya, membongkar di tempat di mana tornado larut. Ini videonya ...” Begitu sebagian narasi lengkap yang menyertai video tersebut.

Ternyata ada kekeliruan dalam pesan itu. Jawa Pos memulai pencarian fakta di atas dengan menelusuri berita BBC seperti yang ada dalam pesan tersebut. Ternyata BBC pernah menurunkan tulisan tentang hujan ikan. Tapi, bukan di Thailand, melainkan di sebuah desa di Sri Lanka. Di berita itu juga ada videonya. Tapi, videonya berbeda dengan yang ditemukan Jawa Pos di grup WhatsApp.

Dalam video itu tidak terdapat gambar ikan berjatuhan dari langit. Hanya sejumlah warga mencari ikan yang terjatuh di semak-semak. Menurut tulisan BBC, ”hujan ikan” di Sri Lanka tersebut diyakini terjadi karena adanya angin kencang di sekitar sungai. Angin itu menarik ikanikan dan berjatuhan di darat.

”Penduduk desa di Distrik Chilaw mengatakan bahwa mereka mendengar sesuatu yang jatuh dan menemukan sejumlah ikan. Ini bukan insiden pertama di Sri Lanka. Pada 2012, kasus ’hujan udang’ terjadi wilayah selatan,” tulis BBC.

Dalam tulisan BBC tersebut, terdapat analisis dari prakirawan cuaca Steve Cleaton. Menurut dia, kasus di Sri Lanka itu mungkin terjadi akibat pembentuka­n tornado. Tornado cenderung terbentuk di daerah yang terjadi perbedaan suhu, kelembapan dan kecepatan angin, serta arah angin cukup besar. Tornado bisa seperti penyedot debu. Mengisap apa saja di jalur yang dilaluinya.

”Mungkin tornado terbentuk di atas tanah. Kemudian melayang di atas sungai atau perairan pesisir dan menyedot ikan ringan. Ikan tersebut terangkat dan berjatuhan dari udara,” ujar Steve Cleaton sebagaiman­a tertulis di BBC. Hal itu tidak terjadi pada tornado-tornado yang ada di Amerika Serikat. Sebab, tornado di sana biasanya terbentuk jauh dari hamparan massa air.

Pencarian fakta kedua dilakukan Jawa Pos dengan mencari padanan video yang tersebar di grup WhatsApp di atas. Ternyata video tersebut bagian dari kecelakaan truk pengangkut ikan di India dan Tiongkok. Jadi, ikan-ikan yang dibawa truk itu berhambura­n di jalan raya.

 ?? CHIS/JAWA POS ??
CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia