Jawa Pos

Ribuan Orang Tonton Parade Budaya

Pekan Budaya Kediri Masih Berlangsun­g hingga 14 Juli 2018

-

KEDIRI - Parade Budaya dan Pariwisata 2018 Kabupaten Kediri dibuka kemarin siang (8/7). Ajang akbar tahunan tersebut menampilka­n ragam kesenian dan kebudayaan dengan tema Panji Balik Kampung dan tagline Amestuti Budaya Leluhur, Angesthi Kediri Misuwur.

Ribuan penonton dari Kabupaten Kediri dan sekitarnya memadati kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) kemarin. Bahkan, mereka memenuhi sepanjang jalur pawai budaya dan mobil hias yang diadakan sebagai pembuka acara. Sebanyak 48 mobil hias dan penampil lainnya mampu memukau masyarakat yang menunggu sejak pagi.

”Kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Karena itu, kami berusaha menyajikan yang terbaik,” terang Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.

Selain pawai budaya dan mobil hias, acara diwarnai pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), mulai camilan hingga suvenir khas Kediri. Pameran tersebut juga diserbu masyarakat. ”Selama ini produk UMKM bisa laku keras,” tegas Haryanti.

Yang istimewa, tahun ini ada pameran desa wisata. Jumlah pesertanya pun terus berkembang. Menurut Haryanti, bantuan dana dari pemerintah pusat membuat desa terus berkembang sehingga akhirnya banyak pengunjung dan perekonomi­an warga desa meningkat. Dia berharap kegiatan tersebut bisa

menggenjot sektor pariwisata di wilayah yang dipimpinny­a.

Zona Kampung Panji menampilka­n sejarah dan wayang panji secara lengkap, mulai wayang panji dari Kediri hingga wilayah di sekitarnya. Tersedia pula aneka street food yang sangat menggoda untuk dicoba. Sejumlah penampilan kesenian lainnya, seperti lomba damar kurung dan gebyar batik, tak kalah asyik untuk disaksikan.

Pada penutupan yang akan berlangsun­g pada 14 Juli, pengunjung bisa menikmati sajikan tari kolosal kolaborasi Barong Sewu. Yang akan tampil adalah seniman barong dari seluruh penjuru Indonesia.

”Seniman jaranan sudah paham. Jika tidak tampil di Kediri, rasanya belum sah jadi penari jaranan,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri Adi Suwignyo berpromosi.

Datang dan saksikan Parade Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri yang masih berlangsun­g hingga Sabtu, 14 Juli 2018. Di sana masyarakat bisa mengenal Kediri Lagi.

 ?? ANDIKA ATTAR/JAWA POS RADAR KEDIRI FIKRI ZULFIKAR/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? MEMUKAU: Penampilan peserta parade budaya dan mobil hias di Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri kemarin (8/7). KOLOSAL: Tari barong pada pekan budaya 2017. Tahun ini tarian tersebut akan menutup acara pada 14 Juli.
ANDIKA ATTAR/JAWA POS RADAR KEDIRI FIKRI ZULFIKAR/JAWA POS RADAR KEDIRI MEMUKAU: Penampilan peserta parade budaya dan mobil hias di Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri kemarin (8/7). KOLOSAL: Tari barong pada pekan budaya 2017. Tahun ini tarian tersebut akan menutup acara pada 14 Juli.
 ?? ANDIKA ATTAR/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? PEMBUKAAN: Bupati Kediri Haryanti Sutrisno (dua dari kiri) saat memukul kentongan yang menandai dimulainya parade budaya dan mobil hias.
ANDIKA ATTAR/JAWA POS RADAR KEDIRI PEMBUKAAN: Bupati Kediri Haryanti Sutrisno (dua dari kiri) saat memukul kentongan yang menandai dimulainya parade budaya dan mobil hias.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia