Jawa Pos

Sang Raja Akhirnya Tumbang

Vettel Leading 8 Poin di Klasemen

-

SILVERSTON­E – Tentu sungguh berat bagi Lewis Hamilton menanggung kekalahan di balapan kandangnya, GP Inggris, tadi malam. Di hadapan 340 ribu penonton. Ambisi bintang Ferrari Sebastian Vettel menghancur­kan dominasi Mercedes di Silverston­e tercapai.

Saking kecewanya, Hamilton langsung meninggalk­an parc ferme saat seharusnya meladeni wawancara Martin Brundle. Sang juara bertahan itu langsung ngeloyor ke ruang tunggu di belakang podium. Brundle baru bisa mewawancar­ai dia di podium setelah selebrasi.

’’Kami akan melakukan segalanya untuk bertarung dengan Ferrari tahun ini. Kami tidak akan menyerah. Tidak akan,’’ ucap Hamilton tanpa senyum sedikit pun.

Hamilton tidak bisa lebih kecewa dari itu. Empat tahun terakhir dia mendominas­i balapan di Silverston­e. Selalu menang dari pole position. Bahkan, dia sudah menang di GP Inggris saat masih membela McLaren dan merebut gelar juara dunia pertamanya pada 2008. Lima kemenangan (empat di antaranya didapat dari pole position) telah menahbiska­n dia sebagai ’’raja Silverston­e’.’ Dan, tadi malam sang raja tumbang.

Hamilton melakukan start buruk hingga pada tikungan pertama posisi sebagai pemimpin balapan dari pole position diambil alih Vettel dan rekan satu timnya di Mercedes Valtteri Bottas. Saat berusaha memburu kembali posisinya, pembalap Inggris tersebut terlibat kontak dengan jagoan Ferrari yang lain, Kimi Raikkonen, di tikungan ketiga. Mobil Hamilton melintir.

Akibat insiden tersebut, posisi sang juara dunia empat kali Formula 1 itu tercecer hingga diurutan ke18. ’’Rasanya, mobilku rusak,’’ lapor Hamilton melalui radio saat itu. Dia lantas membalap kesetanan untuk merebut kembali posisinya di barisan depan.

Momen kemenangan Vettel terjadi pada lap ke-47. Vettel merebut posisi terdepan dari Bottas dengan menyalipny­a di tikungan Brooklands. Itu kemenangan pertama Ferrari di Silverston­e sejak 2011. Saat itu Fernando Alonso yang berdiri di podium teratas. Sedangkan bagi Vettel, ini adalah kemenangan ke-51 sepanjang karirnya di F1. Juga kemenangan keempat musim ini. ’’Tentu saja dua kali safety car itu membumbui balapan kali ini. Duel yang hebat dengan Valtteri. Dan kurasa, saya mengagetka­n dia,’’ ujar Vettel.

Hasil balapan tadi malam mengukuhka­n posisi Vettel sebagai pimpinan klasemen pembalap F1. Dia unggul delapan poin atas Hamilton (171-163).

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? BEDA EKSPRESI: Sebastian Vettel (kanan) memenangi balapan di GP Inggris tadi malam. Lewis Hamilton, yang memulai lomba dari pole position, tampak kecewa.
JUN QIAN/JAWA POS BEDA EKSPRESI: Sebastian Vettel (kanan) memenangi balapan di GP Inggris tadi malam. Lewis Hamilton, yang memulai lomba dari pole position, tampak kecewa.
 ??  ?? Laporan JUN QIAN
dari Silverston­e, Inggris
Laporan JUN QIAN dari Silverston­e, Inggris

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia