Jawa Pos

Posisi Puncak Harga Mati

-

SIDOARJO – Tiket semifinal sudah di genggaman tim nasional U-19 Indonesia. Tidak berarti Garuda Nusantara bisa bersantai menghadapi laga terakhir di grup A. Sebab, malam ini (9/7) mereka menghadapi Thailand di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo (siaran langsung Indosiar pukul 19.00 WIB).

Hasil pertanding­an tersebut akan menentukan juara grup A. Indonesia hanya butuh hasil seri untuk mengamanka­n posisi juara grup.

Saat ini Indonesia berada di puncak dengan perolehan 12 poin. Namun, posisi tersebut belum aman. Sebab, Thailand membayangi di posisi kedua dengan selisih dua angka dan jumlah gol lebih banyak.

Selain itu, kekuatan kedua tim imbang. Indonesia dan Thailand belum tersentuh kekalahan selama penyisihan grup. Dalam tiga pertanding­an berturut-turut, Thailand selalu menang dengan perolehan lebih dari tiga gol dan belum pernah kebobolan. Terakhir tim asuhan Ithsara Sritharo itu menaklukka­n Filipina 5-0 (Sabtu, 7/7).

Sritharo mengatakan, timnya bakal berjuang maksimal untuk bisa lolos ke babak selanjutny­a. Juga terbuka peluang mereka untuk menjadi juara grup. Namun, dia memuji penampilan Indonesia saat melawan Vietnam Sabtu (7/7). ’’Kedua tim menunjukka­n kemampuan terbaiknya. Indonesia memiliki benyak pemain berkualita­s. Kami harus bekerja keras,’’ ungkapnya.

Di sisi lain, kekuatan Indonesia sedikit berkurang. Saat latihan kemarin (8/7), kiper M. Riyandi, striker Feby Eka Putra, dan gelandang Syahrian Abimanyu harus menjalani sesi latihan terpisah. Mereka masih harus menjalani pemulihan cedera. Saat melawan Vietnam lalu, Abimanyu harus digantikan M. Luthfi Kamal pada menit ke-62.

Meski begitu, pelatih Indonesia Indra Sjafri tidak panik. Dia masih memiliki stok yang melimpah di lini tengah. Apalagi, Indonesia punya beberapa pemain muda yang berpengala­man berkompeti­si di Liga 1. Di antaranya, Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam yang kerap menjadi solusi meski mengawali laga dari bangku cadangan.

Pelatih yang mengantar Indonesia menjuarai Piala AFF 2013 itu optimistis dengan hasil yang akan diraih timnya. Target menang sudah dicanangka­n. ’’Kami tidak memikirkan siapa lawan dari grup B. Besok (hari ini) kami main serius dan harus menang,’’ ungkapnya.

Sementara itu, kabar baik juga diterima Indonesia. Indra Sjafri memastikan bahwa hari ini Egy Maulana sudah bergabung dengan timnas. Pemain Lechia Gdansk itu akan disiapkan Indra saat semifinal. ’’Ya, dia (Egy, Red) main 12 Juli nanti. Saya butuh

Egy dan teman-temannya yang lain juga senang dengan kedatangan­nya,’’ imbuhnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? MAIN LEPAS: Hanis Sagara menjadi inspirator serangan Indonesia saat menghadapi Thailand di Gelora Delta, Sidoarjo, nanti malam.
DIPTA WAHYU/JAWA POS MAIN LEPAS: Hanis Sagara menjadi inspirator serangan Indonesia saat menghadapi Thailand di Gelora Delta, Sidoarjo, nanti malam.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia