Jawa Pos

111 Daerah Sudah Laporkan Hasil Pilkada ke KPU

-

JAKARTA – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 berjalan relatif lancar. Hingga kemarin (8/7), mayoritas daerah yang menggelar pilkada telah melaporkan hasil penghitung­an suara ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat di Jakarta.

Berdasar data KPU, dari 171 daerah yang menggelar pilkada, 111 daerah telah mengirimka­n hasil akhir ke KPU. Sebanyak 111 daerah itu meliputi 105 kabupaten/kota dan 6 provinsi.

Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, 154 kabupaten/kota sejatinya telah menyelesai­kan rekapitula­si hitung suara. Namun, baru 105 daerah yang datanya masuk ke KPU. ”Mereka (KPU kabupaten/kota) melakukan rekapitula­si pada 4 hingga 6 Juli,” ujar dia.

Untuk pemilihan gubernur (pilgub), proses rekapitula­si berlangsun­g pada 7 hingga 9 Juli. Karena itu, belum semua KPU provinsi melaporkan hasil rekapitula­si mereka. ”Ada yang baru melakukan rekap besok (hari ini, Red),” ujar Arief.

Meski demikian, lanjut pria asal Surabaya itu, ada dua kabupaten yang terlambat melakukan rekapitula­si, yakni Jayawijaya dan Mimika. KPU di dua daerah tersebut baru kemarin merekapitu­lasi suara.

Sementara itu, kabupaten yang belum melaksanak­an pemungutan suara adalah Paniai.

”Untuk Nduga sudah,” tambah Arief. Kabupaten Nduga telah melakukan pemungutan suara susulan untuk pilgub Papua pada 30 Juni lalu.

Arief belum bisa memastikan berapa persentase partisipas­i pemilih di pilkada serentak 2018. Menurut dia, data itu baru akan dipastikan setelah semua rekapitula­si masuk ke KPU.

”Kami akan terus melakukan update,” ujarnya.

Data enam pilgub yang sudah masuk ke KPU meliputi Provinsi Bali, Jawa Tengah, Lampung, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, dan Jawa Timur. Pasangan Wayan Koster dan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati memenangi pilgub Bali, Ganjar Pranowo-Taj Yasin menang di pilgub Jateng, dan Arinal Djunaidi-Chusnunia pemenang pilgub Lampung. Tiga lainnya adalah pasangan Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar yang memenangi pilgub Maluku Utara, pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas yang menang di pilgub Sultra, dan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di pilgub Jatim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia