Jawa Pos

Baru 8 Ribu Visa Haji Yang Selesai

-

SURABAYA – Meski keberangka­tan calon jamaah haji (CJH) kurang seminggu lagi, baru sebagian kecil visa CJH embarkasi Surabaya yang sudah selesai. Dari 37.055 jamaah, hanya 8.328 ribu visa yang sudah tuntas. Namun, Kementeria­n Agama Wilayah Jatim tetap optimistis semua berkas jamaah selesai sebelum kloter terakhir berangkat.

Di antara 8 ribu visa yang sudah selesai itu, sebagian telah diterima Kantor Kementeria­n Agama Wilayah Jatim. Untuk sisanya, ada yang masih berada di Jakarta dan ada yang masih dikirim ke Surabaya. Dokumen tersebut dibagikan kepada jamaah sesaat sebelum berangkat.

Kabid Penyelengg­araan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jatim Faridhul Ilmi menjelaska­n, ada 4.381 visa yang sudah diterima Kemenag Jatim. Sisanya sedang diambil di Jakarta

Dia sudah meminta petugas untuk mengambil berkas tersebut.

Farid juga mengatakan, pengurusan visa masih berlangsun­g. Jumlah dokumen yang sudah selesai terus bertambah. Setiap hari ratusan visa dituntaska­n.

Karena itu, dia optimistis visa semua jamaah selesai sebelum pemberangk­atan terakhir. Saat ini dokumen yang dikebut adalah visa kloter gelombang pertama. Lalu, visa jamaah gelombang II diperkirak­an sudah jadi saat pemberangk­atan gelombang I selesai.

Dokumen yang sudah jadi dikumpulka­n Kementeria­n Agama Wilayah Jatim. Farid menjelaska­n, pembagiand­ilaksanaka­ndiasrama untuk menghindar­i jamaah yang lupa. Sebab, tidak semua jamaah telaten dengan dokumen paspor danvisa.Dikhawatir­kan,dokumen itu tertinggal di rumah atau hilang.

Pembagian dokumen di asrama sudah berlangsun­g dari tahun ke tahun. Cara itu sangat efektif. Tidak ada lagi kasus paspor dan visa yang hilang atau tertinggal.

Pemberangk­atan perdana calon jamaah haji embarkasi Surabaya dijadwalka­n pada 17 Juli. Kloter pertama berasal dari Situbondo dengan jumlah jamaah 445 orang. Mereka diberangka­tkan pada pukul 10.00 dengan menggunaka­n pesawat Saudi Arabian Airlines nomor penerbanga­n SV 5211.

CJH yang berangkat melalui embarkasi Surabaya berasal dari Jawa Timur, NTT, dan Bali. Jumlah jamaah mencapai 37.055 orang. Perinciann­ya, CJH dari Jawa Timur 35.270 orang, Bali 700 orang, NTT 670 orang, dan sisanya petugas kloter.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya juga terlibat dalam pemberangk­atan CJH embarkasi Surabaya. Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasi­an Sandi Andaryani mulai mengirim anggota ke asrama haji pekan depan. ’’Mereka siaga di sana,’’ katanya.

Terkait pemeriksaa­n dari imigrasi Arab Saudi, Sandi mengatakan masih menunggu perkembang­an informasi. Pihaknya berkomunik­asi dengan tim yang akan dikirim ke Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia