Jawa Pos

Bikin Es Krim dengan Sains

-

SURABAYA – Siapa bilang belajar sains itu susah? Begitulah prinsip Kids Corner Indonesia. Lewat eksperimen-eksperimen yang sederhana, ternyata sains bisa dipelajari dengan fun. Hal itu dibuktikan Rahlil M. Dzaki dalam kids workshop Making Ice Cream with Science di grand atrium Pakuwon Mall kemarin (8/7).

Bocah 3 tahun tersebut sangat antusias belajar sains lewat pembuatan es krim. Siapa yang menyangka bahwa es krim bisa dibuat hanya dengan waktu sekitar lima menit tanpa kulkas. Dengan ditemani sang bunda, Fadillah, Dzaki menuangkan bahan dasar krim dan susu kental manis dengan sangat hari-hati.

Ya, cara membuatnya ternyata sangat mudah. Hanya ada empat tahap sampai es krim tersebut siap untuk disantap. ”Setelah bikin adonan es krimnya, lalu kita ambil es batu yang banyak di salah satu kantong plastik. Setelah itu, masukkan garam yang banyak ya ke kantong plastik yang sudah penuh dengan es batu,” ujar Zuwita, salah seorang pendamping dari Kids Corner Indonesia.

Tahap itulah yang merupakan eksperimen sains. Kemudian, cairan susu kental manis dan krim yang telah dituangkan ke kantong plastik dimasukkan ke kantong yang penuh es batu dengan campuran garam. ”Tujuannya membantu proses pembekuan lebih cepat,” terangnya.

Dzaki pun mengocok es batu tersebut agar pembekuan bisa merata dengan cepat. Adonan es krim beku dengan sekejap. ”Sekarang tinggal mengeluark­an adonan ke dalam wadah ini ya,” sambungnya menjelaska­n tahap selanjutny­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia