Jawa Pos

Helat Kontes Ayam Hias Tingkat Nasional

-

SURABAYA – Puluhan ayam dari berbagai jenis mengikuti kontes ayam hias tingkat nasional di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya kemarin (8/7). Mereka memperebut­kan juara best on show tingkat nasional.

Dalam event itu, berbagai jenis ayam hias diberi waktu lima menit untuk bisa menampilka­n performa terbaiknya. Dengan diiringi musik dan panduan dari para pawang ayam, ayam yang bisa tampil menarik dan atraktif mendapat nilai tinggi dari juri.

Salah satu peserta kontes ayam hias, Hazwan Muhammad Zidan, mengatakan bahwa dirinya sudah lama mempersiap­kan ayamnya untuk kontes tersebut. Dia membawa ayam jenis brahma dari India. ’’Saya beri makan tambahan minyak ikan agar sehat,’’ ucap peserta asal Pasuruan itu.

Sebelum kontes berlangsun­g, ayam yang mempunyai perawakan besar tersebut ditawar Rp 4 juta. ’’Tapi, saya masih ingin jadikan ayam itu sebagai indukan,’’ ucapnya.

Sementara itu, peserta asal Mojokerto, Jasuparman, mengatakan bahwa dirinya rela menolak tawaran Rp 8 juta demi ingin membawa ayamnya ikut kontes. ’’Ditawar kemarin. Tapi, saya tidak mau,’’ katanya menjelaska­n ayam cemani yang diikutkan kontes.

Dia mengatakan, salah seekor ayam jenis cemani itu pernah laku Rp 70 juta. ’’Waktu itu dibeli orang Vietnam,’’ paparnya.

Ketua Pelaksana Kontes Ayam Hias Eka Andry menuturkan, kontes tersebut diselengga­rakan Komunitas Ayam Hias Jawa Timur. Ada enam kategori kelas. Yaitu, ayam polan jantan, polan betina, ayam cemani, ayam ekor panjang, ayam campuran lokal, dan ayam campuran imporan.

Eka berharap harga ayam para peserta bisa lebih naik setelah ada kontes. Selain itu, para peserta bisa saling sharing terkait ayam hias. ’’Bisa saling bersilatur­ahmi juga antarkomun­itas ayam hias,’’ jelasnya.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? CARI PEMENANG NASIONAL: Juri memeriksa kesehatan seekor ayam cemani yang mengikuti kontes di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS CARI PEMENANG NASIONAL: Juri memeriksa kesehatan seekor ayam cemani yang mengikuti kontes di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya kemarin.
 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? HITAM SEMUA: Seekor ayam jantan polan sedang dinilai juri.
GHOFUUR EKA/JAWA POS HITAM SEMUA: Seekor ayam jantan polan sedang dinilai juri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia