Jawa Pos

Minuman Sehat Usir Gerah

Panas-panas begini enaknya minum minuman yang dingin dan manis. Eits, jangan asal pilih yang segar kalau tak mau sakit di kemudian hari. Coba meracik sendiri, yuk.

-

TAK perlu pusing mencari bahan dalam minuman sehat dan menyegarka­n untuk mengusir hawa gerah. Pilih bahan yang mudah ditemukan di pasaran. Ada nanas, lemon, maupun jeruk nipis. Tinggal dipadupada­nkan dengan sayur atau jenis buah-buahan lain agar terasa lebih nikmat.

Rondo mesem, misalnya. Bahan utamanya adalah nanas yang dipadukan dengan bit merah, madu, dan air jeruk. Sesuai namanya, minuman tersebut punya warna merah yang cerah secerah senyuman (mesem) janda muda. Rasanya manis dengan sedikit asam dari nanas. ”Garnish yang bagus akan semakin menggugah selera,” kata Arief F, F&B supervisor Sheraton Surabaya Hotel & Towers.

Kalau mau bereksperi­men dengan warna-warna terang, bisa juga coba

kawi colada. Bahan dasar stroberi dan nanas menghasilk­an warna pink cerah yang sweet. ”Untuk menambah rasa, dipadukan sirup grenadine dan coconut

cream,” terangnya. Tak heran, minuman itu memiliki tekstur yang cukup kental dengan rasa manis yang creamy.

Ingin yang rasanya unik? Anda harus coba membuat roro mendut dan virgin mojito. Rasa paling strong dari roro

mendut adalah asam dan manis dengan lapisan creamy yang tipis. Didapat dari bahan sirsak, nanas, dan lemon. Tapi, yang bikin unik adalah campuran cengkih di dalamnya. Memberikan aroma yang khas plus rasa hangat di tenggoroka­n. ”Banyak sekali yang suka dengan minuman ini,” ujar Arief.

Sementara itu, virgin mojito bisa jadi senjata paling ampuh buat mengusir panas. Sebab, minuman tersebut dibuat dari soda rasa jahe, es batu yang melimpah, plus daun

mint yang bikin makin segar. ”Kalau soda dan gula kan sudah biasa. Tapi, kalau pakai soda rasa jahe, rasanya akan lebih lucu,” urainya.

Selain buah, sayur bisa diolah menjadi minuman yang nikmat. Misalnya, minuman berbahan dasar seledri (celery) dan mentimun. Meski berwarna hijau, minuman itu tak seseram penampilan­nya. ”Rasa celery tertutup dengan manis dan asam yang dihasilkan dari apel, lemon, dan madu,” kata Arief. Minuman tersebut bisa jadi alternatif buat yang tak suka sayur.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia