Jawa Pos

Keramik Lucu nan Wangi

Untuk Suvenir atau Dekorasi Rumah

-

SURABAYA – Keramik dengan berbagai bentuk sudah lazim dipakai untuk dekorasi rumah. Tapi, yang ini sedikit berbeda. Sesuai namanya, scented ceramics, keramik ini mengeluark­an bau harum. Karena itu, banyak yang menjadikan­nya sebagai suvenir untuk bermacam acara. Sudah bentuknya lucu, wangi pula.

Rupanya, cara bikinnya tak terlampau susah. Itu terlihat dalam mini-workshop di event Artsy League di Food Society Pakuwon Mall kemarin (19/7). Yang jadi pemandu adalah tiga perempuan kreatif dari tiga kota yang berbeda. Yakni, Evy Setya Dewy dari Jogja, Ria Nirwana dari Bandung, dan Stephani Susi dari Surabaya. Ketiganya dengan sabar membagikan ilmu kepada para peserta yang didominasi ibu-ibu muda.

Untuk membuat scented ceramics, alat-alat yang wajib disiapkan tidak banyak. Hanya baskom untuk mengaduk adonan, timbangan untuk mengatur takaran, cetakan, dan amplas untuk menghalusk­an di tahap terakhir. Mula-mula tepung khusus untuk membuat keramik ditimbang dan dicampurka­n dengan air dengan takaran tertentu. Kemudian, dimasukkan ke dalam cetakan dengan bentuk sesuai selera.

Tinggal ditunggu sekitar 45 menit, scented ceramics sudah kering. Tidak perlu masuk tahap pemanasan atau pembakaran. Hanya dibiarkan begitu. ”Tahap selanjutny­a adalah mengamplas bagian belakangny­a jika bentuk- nya dua dimensi,” terang Evy.

”Yang tiga dimensi biasanya untuk di ruangan. Kalau yang dua dimensi biasanya untuk gantungan pewangi di mobil,” tambahnya. Terakhir tinggal ditetesi essential oil sebagai wangi-wangian. Ketahanan wanginya sendiri bergantung berapa banyak tetes yang diberikan. Semakin banyak semakin lama. Jenis wewangiann­ya pun suka-suka pembikinny­a.

Karena mudah dicetak, bentuk yang tercipta dari scented ceramics pun tidak terbatas. Selain untuk hiasan, karya seni tersebut bisa jadi peluang usaha.”Banyak

lho yang akhirnya memakai

scented ceramics ini jadi suvenir,” sambung Stephani

Selain dicetak dengan bentuk yang cantik atau unik, tampilanny­a bisa ditunjang dengan kemasan yang ciamik. Biasanya, yang banyak disuka adalah kemasan dengan ornamen vintage. Harganya dibanderol mulai Rp 45 ribu ke atas. ”Itu belum kalau ditambahi

printilan yang lain. Bisa lebih mahal,” jelasnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PELUANG USAHA: Evy Setya Dewy (dua dari kiri) memberikan materi scented ceramics kepada Linda Tanujaya (kiri) di atrium Food Society Pakuwon Mall kemarin.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PELUANG USAHA: Evy Setya Dewy (dua dari kiri) memberikan materi scented ceramics kepada Linda Tanujaya (kiri) di atrium Food Society Pakuwon Mall kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia