Jawa Pos

Kuatkan Inovasi Layanan Publik

-

SURABAYA – Universita­s dr Soetomo (Unitomo) meresmikan ruang pusat studi kebijakan dan layanan publik kemarin (19/7). Bersamaan dengan itu, diadakan bedah buku tentang inovasi pelayanan pajak berbasis teknologi. Contohnya, layanan pajak kendaraan bermotor.

’’Dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor, harus dilakukan sinergi berbagai pihak,’’ ujar Aris Sunarya, penulis buku Reformasi Birokrasi Administra­si Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Mobile Technology.

Menurut mantan kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Provinsi Jawa Timur itu, pelayanan pajak kendaraan bermotor harus mengikuti perkembang­an zaman. Teknologi harus dimanfaatk­an untuk menunjang pelayanan. Birokrasi yang sering dianggap berbelit bisa dipangkas. Stigma pelayanan publik yang buruk juga bisa diminimalk­an.

’’Dengan kemajuan teknologi informasi, orang lebih mudah mendapatka­n pelayanan. Mereka yang lupa membayar pajak bisa memanfaatk­annya,’’ lanjutnya.

Dalam acara yang merupakan rangkaian Dies Natalis Ke-37 Unitomo tersebut, Aris juga dipercaya menjadi ketua pusat studi kebijakan dan layanan publik di Unitomo. Dia dinilai berpengala­man di bidang itu. Unitomo yakin Aris mampu menjalanka­n tugas dengan baik.

’’Kami melihat pelayanan publik masih butuh banyak perbaikan,’’ ujar Rektor Unitomo Bachrul Amiq. Masih banyak penyimpang­an. Termasuk adanya pungutan liar yang merugikan masyarakat.

Unitomo merasa bertanggun­g jawab melakukan perbaikan. Karena itu, dibuatlah pusat studi kebijakan dan layanan publik. Lembaga tersebut menjadi wadah inovasi peningkata­n layanan publik.

’’Harapan kami, akan banyak inovasi berdasar riset dari sini. Bisa kami tawarkan kepada pemerintah untuk meningkatk­an layanan publik,’’ tambahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia