Jawa Pos

Bongkar Bangunan Permanen, Kerahkan Alat Berat

-

SURABAYA – Petugas satpol PP menurunkan alat berat untuk menertibka­n bangunan liar di Jalan Panggung kemarin (19/7). Sebab, beberapa bangunan didirikan secara permanen. Petugas ingin mengembali­kan bekas pertokoan itu menjadi jalan.

Salah satunya, rumah sekaligus toko milik Isnaini. Sedikit demi sedikit, bangunan yang selama ini dia tempati diratakan dengan tanah. ”Saya tidak tahu kalau ini liar. Saya sudah puluhan tahun menempatin­ya. Tapi, saya ikut saja,” katanya.

Selain kehilangan warung yang digunakan untuk mencari nafkah, perempuan kelahiran Madura tersebut tidak mendapat jatah relokasi. Pasalnya, Isnaini tidak mengantong­i KTP Surabaya. Kini, dia terpaksa mengungsi di rumah warga sekitar.

Hal serupa dialami Herman Supratman. Menurut dia, warga tidak tahu bahwa yang mereka tinggali selama ini termasuk bangunan liar. Alasannya sama, dia bersama keluarga telah menempatin­ya selama puluhan tahun.

Namun, Herman lebih beruntung. Pria 35 tahun itu telah memiliki KTP Surabaya. Dia dan keluargany­a direlokasi ke rusun Romokalisa­ri. ”Tapi, banyak juga tetangga yang tidak dapat karena tak punya KTP Surabaya.”

 ?? AKHMAD HUSAINI/JAWA POS ?? HALANGI JALAN: Bangunan permanen dibongkar petugas karena menghambat laju kendaraan, terutama saat keadaan darurat.
AKHMAD HUSAINI/JAWA POS HALANGI JALAN: Bangunan permanen dibongkar petugas karena menghambat laju kendaraan, terutama saat keadaan darurat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia