Jawa Pos

Serasa Pramusim Tambahan

-

SHENZHEN – Thomas Tuchel berkali-kali menyatakan bahwa performa Paris Saint-Germain (PSG) selama pramusim jauh dari kata ideal. Alasannya, pelatih baru PSG tersebut tidak memiliki skuad terbaik. Duel melawan AS Monaco dalam Trophee des Champions di Shenzhen Universiad­e Sports Centre malam nanti (siaran langsung

beIN Sports 3 pukul 19.00 WIB) pun dianggap Tuchel tak ubahnya laga pramusim tambahan.

Memang para bintang PSG sudah bergabung dalam skuad ke Tiongkok. Mulai Neymar, Thiago Silva, Marquinhos, maupun Edinson Cavani. Hanya kontingen pemain timnas Prancis seperti Kylian Mbappe, Presnel Kimpembe, dan Alphonse Areola yang masih menikmati liburan.

Banyak anggapan kehadiran Neymar hanya sebagai magnet pertanding­an alias untuk menarik atensi publik Tiongkok datang ke stadion. Apalagi, Tuchel mengaku masih ragu untuk memainkan Neymar. Sebagai catatan, laga terakhir Neymar bersama PSG adalah pada akhir Februari lalu atau saat mengalami cedera retak metatarsal kelima kaki kiri. ”Saya senang Neymar sudah bergabung kembali dalam skuad. Dia bisa diturunkan, tetapi saya tidak tahu untuk berapa lama (menit bermain, Red),’’ ujar pelatih berkebangs­aan Jerman itu sebagaiman­a dilansir Sportskeed­a.

Meski begitu, menyia-nyiakan kesempatan untuk tidak menjajal Neymar bakal merugikan Tuchel. Sebab, laga PSG berikutnya sudah terjadi di Ligue 1. Les Parisiens menjamu Caen di Parc des Princes pada 12 Agustus mendatang. ”Trophee des Champions adalah ajang yang sangat istimewa untuk mengawali musim. Namun, Monaco sangat mungkin menyulitka­n karena kondisi fisik kami yang belum 100 persen,’’ papar Thiago Silva, bek sekaligus kapten PSG, kepada France Football.

Yang dialami PSG sebenarnya juga dialami Monaco. Leonardo Jardim, pelatih Los Monegasque­s, juga mengalami kesulitan di pramusim lantaran skuad yang relatif banyak pemain baru. Itu pun tidak semua diturunkan karena bintang muda timnas Rusia Aleksandr Golovin baru direkrut kurang dari sepekan lalu. Hengkangny­a Fabinho (ke Liverpool), Joao Moutinho (Wolverhamp­ton Wanderers), dan Thomas Lemar (Atletico Madrid) praktis membuat Jardim butuh menata ulang lini tengah timnya. Kekalahan 1-3 dari tuan rumah Hamburger SV (29/7) dalam laga pramusim terakhir menunjukka­n kelemahan tersebut.

”Saya percaya tim ini dalam proses berkembang meski kami belum mendapatka­n hasil yang diharapkan dalam pramusim,” tutur Jardim di situs resmi klub.

Dalam laga malam nanti, Monaco juga belum bisa diperkuat dua pemain pilar. Masing-masing kiper Danijel Subasic dan bek kanan Djibril Sidibe lantaran masih menikmati liburan pasca bermain di final Piala Dunia 2018.

 ?? REAL MADRID/TWITTER FRIEDEMANN VOGEL/EPA-EFE ?? SUDAH GABUNG: Bek sekaligus kapten Real Sergio Ramos berlatih di lapangan milik University of Barry, Miami, kemarin. MAGNET FANS: Neymar saat mengikuti sesi latihan PSG kemarin (3/8). Belum ada garansi Neymar diturunkan menghadapi AS Monaco dalam Trophee des Champions nanti malam. REKRUTAN KEEMPAT: Arturo Vidal telah berlabuh ke Barca. Vidal menyusul Arthur Melo, Clement Lenglet, dan Malcom yang mengikuti pramusim ICC.
REAL MADRID/TWITTER FRIEDEMANN VOGEL/EPA-EFE SUDAH GABUNG: Bek sekaligus kapten Real Sergio Ramos berlatih di lapangan milik University of Barry, Miami, kemarin. MAGNET FANS: Neymar saat mengikuti sesi latihan PSG kemarin (3/8). Belum ada garansi Neymar diturunkan menghadapi AS Monaco dalam Trophee des Champions nanti malam. REKRUTAN KEEMPAT: Arturo Vidal telah berlabuh ke Barca. Vidal menyusul Arthur Melo, Clement Lenglet, dan Malcom yang mengikuti pramusim ICC.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia