Jawa Pos

Suhu Panas Bikin Gusar

-

BRNO- Suhu udara yang membakar mewarnai sesi latihan bebas hari pertama GP Republik Ceko kemarin. Dengan temperatur aspal hingga menembus 50 derajat Celsius sejumlah pembalap top kesulitan menemukan cengkerama­n ban. Situasi tersebut membuat beberapa rider top gagal menembus 10 besar.

Pembalap Repsol Honda Daniel Pedrosa menutup sesi sore sebagai yang tercepat. Catatan waktunya 1 menit 55,976 detik. Disusul pembalap Pramac-Ducati Danilo Petrucci yang terpaut 0,123 detik. Di posisi ketiga ada Alvaro Bautista (Aspar Ducati) dengan selisih 0,168 detik.

Sang juara bertahan Marc Marquez yang awalnya menapaki daftar pembalap teratas dengan mengemas waktu 1 menit 56,635 detik. Torehan itu langsung menumbangk­an waktu terbaik Johann Zarco (Tech3-Yamaha) di sesi pagi 1 menit 56,647 detik. Namun Pedrosa memang terus menempel catatan waktu Marquez. Dibayangi rider Honda lainnya, Cal Crutchlow (LCR-Honda).

Namun posisi Marquez kemudian digeser Andrea Dovizioso (Ducati) yang bertahan hingga sesi sore nyaris usai. Pada lima menit penghabisa­n, sejumlah pembalap menjajal ban baru untuk mendapatka­n catatan waktu terbaik.

Saat itulah, Pedrosa melesat meninggalk­an lawan-lawannya. Pembalap yang bakal pensiun musim depan tersebut menjadi satu-satunya rider yang mampu membobol batas waktu lap 1 menit 56 detik. Sementara posisi Marquez terus tergusur hingga pada akhir sesi hanya mampu finis di urutan 10.

Sejumlah pembalap top malah terlempar

dari 10 besar. Mereka yang tak lolos 10 besar FP2, memiliki satu sesi lagi untuk memperbaik­i catatan waktunya. Yakni di FP3 pagi ini. Jika gagal, mereka terpaksa harus berduel dulu di kualifikas­i pertama (Q1). Lalu dua pembalap tercepat baru bisa lolos ke Q2 untuk memperebut­kan pole position.

Di tengah sesi latihan bebas hari pertama kemarin, bintang Movistar Yamaha Maverick Vinales mengumumka­n perpisahan dengan kepala mekaniknya Ramon Forcada musim depan. Forcada adalah kepala mekanik Lorenzo sebelum Vinales datang ke Yamaha musim lalu. Sebagai gantinya Vinales menarik kepala mekanik Bradley Smith di KTM Esteban Garcia. ‘’Yang terpenting adalah merasa nyaman denganoran­g-orangditim­ku.Yangakuing­inkan adalah membangun timku sendiri,’’ ucap Vinales dilansir Motorsport.

 ?? MOTOGP.COM ?? PANAS: Pembalap Repsol Honda asal Spanyol Dani Pedrosa saat melaju di latihan bebas hari pertama MotoGP Republik Ceko kemarin (3/8).
MOTOGP.COM PANAS: Pembalap Repsol Honda asal Spanyol Dani Pedrosa saat melaju di latihan bebas hari pertama MotoGP Republik Ceko kemarin (3/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia