Jawa Pos

Antar Arwah Leluhur ke Tanah Suci Buddha

Upacara Ulambana di Vihara Avalokites­vara Surabaya

-

VIHARA Avalokites­vara Surabaya mengadakan upacara ulambana (penyebrang­an arwah) pada 16 Agustus 2018 pukul 08.30–20.30. Di upacara tersebut akan hadir sembilan biksu dari Xiamen, Tiongkok bersama dengan dua pandita.

Ulambana bertujuan supaya almarhum orang tua, leluhur, dan janin yang gugur. Para arwah penagih utang juga bisa diselamatk­an lepas dari jalur samsara menuju tanah suci Buddha. Upacara itu juga dapat menyelamat­kan arwah-arwah yang pernah berjodoh dengan diri Anda.

Hubungan darah daging atau persahabat­an tidak akan putus karena orang tersebut telah meninggal dunia. Pada kesempatan itu para umat Buddha menunjukka­n rasa bakti pada leluhur dengan mendaftark­an mereka di upacara itu.

Pihak vihara menyediaka­n altaraltar pribadi dan altar umum bagi yang ingin mendaftark­an leluhur. Para keluarga diberi kesempatan berdoa secara pribadi di altar leluhur mereka masing-masing pukul 08.30–16.00. Acara puncak dari upacara itu diadakan pukul 17.00.

Nama para arwah yang didaftarka­n akan dipanggil satu per satu oleh para biksu untuk diseberang­kan ke tanah suci Buddha. Diharapkan, para sanak saudara bisa hadir, karena doa yang paling berkenan adalah dihadiri oleh anak cucu leluhur sendiri. Para keluarga akan meletakkan daftar nama almarhum orang tua mereka di kapal besar yang diibaratka­n untuk mengantark­an almarhum orang tua ke penyeberan­gan arwah menuju tanah suci Buddha.

Selain itu, Vihara Avalokites­vara Surabaya menyediaka­n paket keselamata­n, kesehatan, dan rezeki dari Buddha pengobatan yang mendoakan agar para umat selalu dalam keadaan sehat, penuh rezeki, dan dilindungi sang Buddha.

Upacara ulambana itu terbuka untuk umum dan siapa saja. Bagi para umat yang berminat mendaftark­an orang tua atau leluhur mereka, dapat memesan altar pribadi dan umum.

 ??  ?? TUNJUKKAN RASA BAKTI: Vihara Avalokites­vara menyediaka­n altar pribadi dan umum. Keluarga diberi kesempatan berdoa di altar leluhur masingmasi­ng.
TUNJUKKAN RASA BAKTI: Vihara Avalokites­vara menyediaka­n altar pribadi dan umum. Keluarga diberi kesempatan berdoa di altar leluhur masingmasi­ng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia