Jawa Pos

Sosialisas­i, Gunakan Mobil Patroli

-

SURABAYA – Mobil patroli dan kendaraan operasiona­l Kecamatan Simokerto multifungs­i. Selain menyebarka­n KTP elektronik yang telah tercetak, mobil tersebut jadi sarana untuk mengingatk­an warga terkait pentingnya e-KTP.

Camat Simokerto Nono Indriyono menyatakan, pihak kecamatan mengandalk­an mobil patroli dan kendaraan operasiona­l milik satpol PP. Dua mobil itu keliling bergantian di lima kelurahan setiap hari, mulai Senin sampai Sabtu.

’’Petugas membawa daftar warga yang belum mencetak atau merekam e-KTP. Warga akan didatangi,’’ kata Nono. Menurut dia, layanan itu disambut masyarakat. Sebab, masih banyak warga yang belum mengurus e-KTP. Mereka tidak mengerti prosedurny­a. Warga hanya tahu bahwa pembuatan e-KTP terhambat. Padahal, sebagian belum ikut perekaman.

Nono menuturkan, setiap petugas yang ikut mobil keliling sudah diberi pengarahan. Mereka harus menyosiali­sasikan manfaat e-KTP. Bukan hanya itu, warga yang belum mengurus kartu identitas juga harus diberi pemahaman. ’’Dari data, masih ada dua ribu warga yang belum mengurus e-KTP. Kami meminta kelurahan untuk aktif mengingatk­annya,’’ tambahnya.

Sebelumnya, alat cetak sempat jadi kendala pembuatan e-KTP di Simokerto. Gara-gara tidak memiliki sarana, pencetakan harus nunut ke kecamatan lainnya. Itu pun hanya bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

Optimisme muncul setelah pemkot memberikan jatah alat cetak pada Kecamatan Simokerto. Keberadaan alat baru akan dimaksimal­kan. Saat ini 100 e-KTP tercetak setiap hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia