Jawa Pos

Arjuna Menyusui, Potret di Balik Panggung

100 Tahun Pelukis Hendra Gunawan

-

JAKARTA – Sebanyak 32 lukisan pelukis ternama Hendra Gunawan kemarin (4/8) dipamerkan di Ciputra Artpreneur Museum. Boleh dikatakan, pameran itu merupakan pameran terbesar karya Hendra Gunawan.

Pameran yang bertajuk ”Hendra Gunawan: Prisoner of Hope” tersebut menampilka­n 23 koleksi pribadi Ciputra. Baru kemarin Ciputra memamerkan kepada publik. ”Wafatnya Hendra meninggalk­an banyak kenangan dan simbol,” kata Ciputra.

Pria 86 tahun itu menceritak­an salah satu lukisan Hendra yang berjudul Arjuna Menyusui. Lukisan tersebut mengambil latar adegan di belakang panggung saat para aktor sedang mempersiap­kan diri. Dalam pertunjuka­n wayang orang, Arjuna selalu diperankan perempuan.

Hendra mampu menangkap situasi ketika pemeran Arjuna sempat menyusui anaknya di tengah-tengah pemain lain yang sedang memulas wajah. ”Perempuan dan keluarga sering kali diangkat dalam karya Hendra. Hal itu menunjukka­n penghargaa­n tinggi terhadap mereka,” ungkapnya.

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Rina Ciputra Sastrawina­ta menuturkan, harus ada inovasi untuk menghadirk­an karya Hendra. Alasannya, kebanyakan generasi muda Indonesia lahir ketika Hendra sudah wafat. ”Ciputra Artpreneur mencoba menghubung­kan masyarakat dengan sejarah dan warisan budaya Indonesia,” katanya.

Kurator dan pengamat seni rupa Agus Dermawan T. yang ditemui dalam acara yang sama menjelaska­n, banyak lukisan Hendra yang dihasilkan saat masa revolusi dan pasca kemerdekaa­n. Sehingga karyakarya­nya merupakan gambaran masa itu.(lyn/c9/tom)

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? PERNGHORMA­TAN: Ciputra (kanan) menunjukka­n salah satu karya Hendra Gunwan kepada Dirjen Kebudayaan Kemendikbu­d Hilmar Farid pada Peringatan 100 Tahun Hendra Gunawan: Prisoner of Hope di Ciputra Artpreneur, Jakarta, kemarin (4/8).
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS PERNGHORMA­TAN: Ciputra (kanan) menunjukka­n salah satu karya Hendra Gunwan kepada Dirjen Kebudayaan Kemendikbu­d Hilmar Farid pada Peringatan 100 Tahun Hendra Gunawan: Prisoner of Hope di Ciputra Artpreneur, Jakarta, kemarin (4/8).
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? BERSEJARAH: Satu di antara 32 lukisan Hendra Gunawan koleksi pribadi Ciputra yang baru kali pertama dipamerkan.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS BERSEJARAH: Satu di antara 32 lukisan Hendra Gunawan koleksi pribadi Ciputra yang baru kali pertama dipamerkan.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? PENUH MAKNA: Lukisan berjudul Arjuna Menyusui.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS PENUH MAKNA: Lukisan berjudul Arjuna Menyusui.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia