Jawa Pos

Ini Arema yang Berbeda

AREMA FC vs PERSIJA

-

MALANG – Persija Jakarta punya masalah akut dalam hak konsistens­i. Sempat tampil dahsyat dengan menjadi juara turnamen pramusim Piala Presiden 2018, Ismed Sofyan dkk justru naik turun pada Liga 1.

Catatannya, Persija selalu tersandung pada pertanding­an ketiga. Hingga pekan ke-19, Macan Kemayoran selalu kalah jika pada dua pertanding­an sebelumnya berhasil meraup poin. Entah itu berlaga di kandang atau tandang.

Dalam dua pertanding­an terakhir, Persija sukses menyapu bersih kemenangan. Yakni, melawan tuan rumah Mitra Kukar (2-0) dan Bhayangkar­a FC (1-0). Karena itu, saat bertandang ke markas Arema FC, malam ini pelatih Persija Stefano Cugurra alias Teco bertekad ingin mematahkan rekor buruk tersebut.

Namun, itu jelas tidak mudah. Dengan bermain di Stadion Kanjuruhan, Singo Edan sedang bersemanga­t untuk mentas dari papan bawah klasemen sementara Liga 1. Apalagi, rekor Arema sangat baik saat menjamu Persija di Malang. Sejak 2008, Arema tidak pernah kalah oleh

Persija. Mereka menang enam kali dan seri empat kali dalam sepuluh laga.

Apalagi, ini adalah Arema FC yang berbeda dengan yang pernah dikalahkan Persija dengan skor 1-3 pada putaran pertama. Masuknya pemain-pemain eks Sriwijaya FC, di antaranya Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamon­y, dan Makan Konate, plus kiper asing asal Serbia Srdjan Ostojic, Arema menjelma menjadi sangat kuat. Dalam lima laga terakhir, Arema FC hanya kalah sekali. Sisanya, 2 kali menang dan 2 kali imbang.

Persija tandang ke Malang dengan membawa tim terbaik. Hanya minus dua pemain, yakni kiper Andritany Ardhiyasa yang cedera serta Rezaldi Hehanusa yang dipanggil timnas U-23 Indonesia di Bali. Pemain asing baru Persija Renan Silva juga sudah bisa bermain malam nanti.

Pelatih Arema FC Milan Petrovic menerangka­n, timnya saat ini sedang bermasalah dalam hal mental. Setelah membantai tuan rumah Sriwijaya FC 3-0, Dendi Santoso dkk justru lengah. Hasilnya, Arema FC kalah ketika bertandang ke Stadion Aji Imbut, Tenggarong, melawan Mitra Kukar (2-3).

Karena itu, menjelang menghadapi Persija, Petrovic sudah melakukan evaluasi. Terutama meningkatk­an konsentras­i bermain. ’’Saya juga akan mencoba strategi baru. Kami sudah siapkan semuanya,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia