Jawa Pos

Dovi Langsung Kasih Bukti

Tiga Tim di Baris Depan

-

Dani Pedrosa Repsol Honda +0,785 detik

Tito Rabat Avintia Ducati +0,997 detik

Maverick Viñales Movistar Yamaha +1,134 detik

10

Johann Zarco Yamaha Tech3 +0,532 detik

Andrea Iannone Suzuki Ecstar +0,581 detik

Alex Rins Suzuki Ecstar +0,742 detik

9

8

7

Jorge Lorenzo Ducati +0,349 detik

Cal Crutchlow LCR Honda +0,366 detik

Danilo Petrucci Pramac Ducati +0,514 detik 6 5

4

Andrea Dovizioso Ducati

1 menit 54,689 detik

Valentino Rossi Movistar Yamaha +0,267 detik

Marc Marquez Repsol Honda +0,272 detik

3

2 1

BRNO – Tidak ada momen yang lebih pas bagi Andrea Dovizioso untuk membungkam rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, selain balapan di Brno nanti malam. Dua pembalap Ducati itu baru saja terlibat perang komentar di media terkait dengan performa masingmasi­ng di atas Desmosedic­i. Seakan memukul genderang perang, tadi malam Dovi sukses merengkuh pole position pertamanya sejak GP Malaysia 2016.

Pada jumpa pers pralomba Kamis lalu, Lorenzo secara terangtera­ngan menyatakan muak dengan Dovi. Penyebabny­a adalah komentar pembalap Italia tersebut yang menyatakan kemenangan dua kali Lorenzo di paro musim pertama sama sekali tidak menyelesai­kan masalah. ’’Jujur saja, dia (Lorenzo, Red) tidak dikontrak untuk menang dua kali,’’ sindir Dovi waktu itu.

Lorenzo tak terima dengan pernyataan tersebut. Dia menyebut Dovi memang sengaja ingin menjatuhka­n reputasiny­a di MotoGP. ’’Jujur saja saya mulai muak dengan situasi ini,’’ tuturnya. ’’Saat aku terpuruk dan dia menang, aku berada di bawah podium bertepuk tangan untuk dia,’’ balasnya.

Di Brno, perseterua­n keduanya semakin terbuka. Tanpa tedeng alingaling, mereka saling serang di hadapan media. Namun, justru konflik internal tersebut memacu keduanya tampil habis-habisan untuk membuktika­n siapa yang terbaik di atas D es m o se di ci. Tapi, jika situasinya tak terkontrol, duel keduanya justru bakal membahayak­an mereka.

Pada sesi penentuan posisi start tadi malam, Lorenzo sebenarnya menguasai nyaris sebagian besar kualifikas­i dua (Q2). Catatan waktunya 1 menit 55,059 detik cukup lama bertahan di puncak. Pada awalnya, justru Marc Marquez (Repsol Honda) yang tampak menjadi pesaing terkuatnya. Lap terbaiknya 1 menit 55,559 detik adalah yang tercepat sebelum Lorenzo menggesern­ya. Sayang, pada usaha keduanya, Marquez gagal memperbaik­i waktunya.

Lorenzo kemudian menajamkan waktunya lagi di run kedua dengan membukukan waktu 1 menit 55,038 detik. Namun, itu tak berlangsun­g lama. M a r q u e z dan V al e n t i n o R o s si( M o v i s tar Ya maha) tampil cukup cepat untuk melor o t kan posisi L o r e n z o. Bendera finis sudah dikibarkan ketika Dovi menyelesai­kan lap terakhirny­a. Namun, dia terlihat sempurna saat memasuki sektor pertama, kemudian kedua, dan semakin melesat di sektor ketiga. Catatan waktu 1 menit 54,689 detik membuatnya melompat tinggi dari posisi kedelapan ke pole position. Torehan tersebut sekaligus mengusir Rossi yang sempat bertengger di puncak. Itu menjadi pole position pertama Dovi sejak GP Malaysia 2016.

’’Sangat senang, sangat-sangat senang. Saya tidak menduga bisa meraihpole­disini,’ ujar mantan pembalap Repsol Honda tersebut. Dovi menggunaka­n aero fairing terbaru yang dibawa Ducati ke Brno. U p g r a de teranyar itu rupanya langsung berdampak positif pada kemampuan Desmosedic­i saat menikung.

Rossi mengamanka­n posisi kedua di baris terdepan. Dengan Marquez finis ketiga, berarti ada tiga pembalap pabrikan berbeda yang akan start dari baris terdepan.

Pada sesi kualifikas­i kemarin, suhu udara trek kembali menembus 50 derajat Celsius. Para pembalap sudah mencari setingan yang pas dengan menggunaka­n ban depan hard agar bisa berduel sampai akhir.

 ?? MOTOGP.COM ?? MELESAT: Rider Ducati Andrea Dovizioso meraih pole position di MotoGP Republik Ceko tadi malam. Ini pole perdananya sejak 2016.
MOTOGP.COM MELESAT: Rider Ducati Andrea Dovizioso meraih pole position di MotoGP Republik Ceko tadi malam. Ini pole perdananya sejak 2016.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia