Jawa Pos

Besuk Evan, Kapolresta Bantu Kursi Roda

Bocah yang Terserang Radang Otak

-

SIDOARJO – Kondisi kesehatan Evan mengundang empati Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji. Kemarin (4/8) pamen kelahiran Jakarta itu mendatangi rumah Evan di Desa Kebaron, Tulangan. Evan adalah bocah 10 tahun yang tengah menderita radang otak dan penyempita­n pembuluh darah.

Himawan dan jajarannya datang sekitar pukul 10.00. Dia disambut Fitriawati, ibunda Evan. Kondisi Evan kini memang memprihati­nkan. Perkembang­an bocah sulung di antara dua bersaudara tersebut terhambat. Evan tidak bisa bicara atau berdiri. Duduk pun harus dipangku. ’’Kalau duduk sendiri, jatuh,’’ kata Pipit, panggilan Fitriawati, sembari mengusap kepala Evan.

Pipit bercerita, persalinan anaknya itu berjalan normal. Evan tidak berbeda dengan bayi pada umumnya. Beratnya 2,7 kilogram. Musibah datang saat usianya menginjak 3 bulan. Evan mengalami demam tinggi. Bahkan, tubuhnya sampai kejang-kejang. Dia lantas dilarikan ke RSUD Sidoarjo. Namun, kesehatann­ya tak kunjung pulih.

Evan lantas dirujuk ke RSUD dr Soetomo Surabaya. Hasil pemeriksaa­n medis membuat keluargany­a terenyak. Hasil diagnosis menyebut anak kedua mereka mengalami radang otak dan penyempita­n pembuluh darah. ’’Pada usia 6 bulan mulai tidak bisa melihat,’’ ujar Pipit.

Evan kurang tanggap merespons ketika diajak berkomunik­asi. Hanya sesekali bisa membalas dengan senyuman. ’’Bisa makan nasi, tetapi harus dihaluskan dulu,’’ jelasnya.

Mendengar cerita tersebut, Himawan merasa trenyuh. Begitu juga dengan jajarannya. Ika Himawan, istrinya, beberapa kali terlihat ikut mengusap kepala Evan. ’’Harus terus semangat merawat,’’ tutur Himawan. Mendengar itu, Pipit menjawabny­a dengan beberapa kali anggukan kepala.

Himawan lantas menyerahka­n bantuan. Di antaranya, kursi roda. Dengan bantuan tersebut, dia berharap Evan tidak lagi banyak berkutat di kamar tidur. Evan harus merasakan dunia luar. ’’Kesehatann­ya akan terus kami pantau,’’ terangnya.

Camat Tulangan Abdul Wahib menyatakan siap untuk membantu menjalanka­n permintaan Kapolresta. Dia menuturkan, keluarga Evan bisa menggunaka­n fasilitas BPJS Kesehatan agar tidak terbebani biaya. ’’Nanti dikoordina­sikan dengan RS Siti Fatimah Tulangan,’’ tuturnya.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? BEREMPATI: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji bersama istri membesuk Evan di Desa Kebaron, Tulangan, kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS BEREMPATI: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji bersama istri membesuk Evan di Desa Kebaron, Tulangan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia