Jawa Pos

Tahun Ini Sidoarjo Tidak Bisa Usul PAK

Silpa Semakin Menggunung

-

SIDOARJO – Penolakan dewan terhadap raperda laporan pertanggun­gjawaban pelaksanaa­n APBD 2017 berbuntut panjang. Dampaknya, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo tidak bisa mengajukan perubahan anggaran keuangan (PAK). Sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) tahun lalu sebesar Rp 864 miliar pun bakal tidak terserap. Kondisi itu tentu berpengaru­h terhadap pembanguna­n Kota Delta.

Pernyataan tersebut disampaika­n perwakilan Direktorat Perencanaa­n Anggaran Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) Mukjizat. ’’Pemkab Sidoarjo tidak bisa mengusulka­n PAK tahun ini,’’ katanya di Pendapa Delta Wibawa kemarin (4/8).

Menurut dia, pembahasan pengajuan PAK APBD 2018 bersumber pada perda laporan pertanggun­gjawaban pelaksanaa­n APBD 2017. Di dalamnya tercantum silpa definitif tahun lalu. Hasil perhitunga­n dari BPK. Nah, ketika dewan menolak raperda laporan pertanggun­gjawaban tersebut, dasar pembahasan PAK tidak ada. ’’Yang mau dibahas apa. Raperdanya sudah ditolak,’’ ujarnya.

Memang, setelah raperda ditolak, eksekutif tidak tinggal diam. Pemkab segera menyusun peraturan kepala daerah (perkada). Kebijakan itu dikeluarka­n sebagai langkah agar dana silpa bisa diserap. Namun, aturan tersebut tidak cukup kuat. Sebab, bentuknya perbup. ’’PAK dasarnya adalah perda,’’ jelasnya.

Meski begitu, pintu bagi pemkab untuk menggunaka­n silpa belum sepenuhnya tertutup. Mukjizat menegaskan, pemkab masih bisa menggunaka­n anggaran yang tidak terserap tahun lalu itu. Namun, ada syaratnya. Yakni, pemkab harus mengirimka­n surat pernyataan pada DPRD Sidoarjo setiap memakai dana tersebut. ’’Itu sudah kewenangan bupati,’’ tuturnya.

Program kerja yang didanai dari silpa juga bukan sembarang kegiatan. Hanya untuk yang bersifat mendesak. Artinya, jika tidak segera ditangani, akan berdampak besar bagi pemkab dan warga Sidoarjo.(aph/c15/fim)

 ?? ARISKI PRASTYOHAD­I/JAWA POS ?? BIMBINGAN TEKNIS: Tim dari Kementeria­n Dalam Negeri memberikan paparan tentang keuangan daerah di Pendapa Delta Wibawa kemarin.
ARISKI PRASTYOHAD­I/JAWA POS BIMBINGAN TEKNIS: Tim dari Kementeria­n Dalam Negeri memberikan paparan tentang keuangan daerah di Pendapa Delta Wibawa kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia