Jawa Pos

Sebetulnya, Cari Dana Enggak Gampang

Inovator teknologi masih merasakan sejumlah tantangan. Berikut unek-unek pendiri platform start-up berbasis teknologi youthmanua­l.com Rizky Muhammad dengan M. Hilmi Setiawan. Perbincang­an ini menyambut Hari Kebangkita­n Teknologi Nasional, 10 Agustus.

-

Sebagai seorang pelaku startup berbasis teknologi, Anda merasakan tantangan apa?

Banyak banget. Karena kami bikin sesuatu dengan keterbatas­an. Misalnya, mencari engineer teknologi yang sesuai, susah banget.

Apakah benar dunia start-up berbasis teknologi mudah mendapatka­n pendanaan?

Saya melihat anak-anak muda memang menilai bahwa bikin startup berbasis teknologi mudah mendapatka­n funding. Ini muncul karena ekspose media. Padahal, yang terjadi sebaliknya. Butuh proses panjang.

Bagaimana Anda melihat ekosistem pengembang­an start-up berbasis teknologi di Indonesia?

Kalau saat ini, ada perkembang­an yang signifikan. Terutama dari unsur pemerintah. Sebelumnya, pemerintah hanya menonton. Beberapa tahun terakhir sudah aktif dengan programpro­gram pembinaan, pendanaan, dan memfasilit­asi dengan akses pendanaan. Misalnya, di Kemenriste­kdikti, Badan Ekonomi Kreatif, dan lainnya.

Apa pengembang­an platform youthmanua­l.com?

Platform kami saat ini masih 30 persen dari yang kami impikan. Sehingga masih banyak pengembang­an yang perlu dilakukan.

Impiannya apa?

Suatu saat semua anak Indonesia ikut platform ini. Membangun profil masing-masing. Tak lagi khawatir setelah sekolah atau kuliah berkarir ke mana. Sebab, platform kami sudah tergabung juga ke kalangan industri. Pemerintah bisa mengambil acuan pengembang­an kurikulum pendidikan berdasar profil anak-anak dan kebutuhan industri yang ada di platform kami.

 ?? M. HILMI SETIAWAN/JAWA POS ??
M. HILMI SETIAWAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia