Jawa Pos

Dorong Pelaku UKM Naik Kelas

-

SURABAYA – Potensi usaha kecil menengah (UKM) di daerah sejatinya cukup besar. Tapi sayang, belum tergarap secara maksimal. Entreprene­urs Organizati­on (EO) Indonesia East berusaha mengoptima­lkan UKM dengan berinterak­si langsung dengan pelaku usaha di daerah. Pekan lalu 15 pengusaha anggota EO dari dalam maupun luar negeri menyempatk­an berkunjung ke Pemkab Probolingg­o dan bertemu dengan pebisnis setempat.

’’Kami apresiasi kegiatan Pemkab Probolingg­o yang positif. Berlomba mencari investasi untuk memajukan daerah. Openness atau keterbukaa­n daerah harus seperti ini,’’ kata Komite Integrasi EO Indonesia East Anthony Utomo kemarin. Pihaknya mencermati, UKM tidak hanya berada di Surabaya dan Jakarta. Tapi, di luar itu potensinya luar biasa. ’’Yang jadi masalah, mereka harus scale-up. Untuk itu, mentalitas dan organisasi harus dipersiapk­an. Tidak bisa mengandalk­an jual ke tetangga,’’ katanya. Sejalan dengan itu, kesiapan peningkata­n daya saing dan interaksi harus sering dilaksanak­an. Dengan demikian, pelaku usaha bisa terinspira­si. ’’EO cetuskan mentorship. Bentuknya, pengusaha yang sudah matang diperbantu­kan ke UKM yang berpotensi. Nanti kami bina,’’ papar direktur PT Utomodeck Metal Works itu. Saat mau naik kelas, para pelaku usaha UKM tersebut sudah siap. Sebagai pelaku usaha, ada empat yang harus disiapkan. Yaitu, 4P yang mencakup product, place, price, dan promotion. Nah, yang kelima adalah purpose. Jadi, berbisnis harus punya tujuan. ’’Kalau bicara perusahaan besar kan melihat itu. Manajemen mutu dan kualitas harus diperhatik­an,’’ ucapnya.

Kegiatan itu diikuti 15 pengusaha yang tergabung dalam EO. Tujuh di antaranya delegasi EO dari luar negeri. Di antaranya, Malaysia, Filipina, Singapura, Australia, dan Kanada. ’’Sektor IT yang paling banyak diperbinca­ngkan. Sejauh mana Probolingg­o menerapkan smart city dan kesiapan IT untuk mengontrol pelaksanaa­n proyek yang dibiayai APBD,’’ lanjutnya.

 ?? RESTU DISTIA/JAWA POS ?? DUKUNG PENUH: Dari kiri, Arvind Agarwalla (EO Singapura), Direktur PT Mikatasa Agung Martin Hendriadi, Presdir PT Aneka Gas Industri Tbk Rachmat Harsono, Vice President Indonesia Australia Business Council East Java Peter Sheehan, Pj Bupati Probolingg­o...
RESTU DISTIA/JAWA POS DUKUNG PENUH: Dari kiri, Arvind Agarwalla (EO Singapura), Direktur PT Mikatasa Agung Martin Hendriadi, Presdir PT Aneka Gas Industri Tbk Rachmat Harsono, Vice President Indonesia Australia Business Council East Java Peter Sheehan, Pj Bupati Probolingg­o...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia