Jawa Pos

Modal Awal Rp 200 Ribu

-

AKTIVITAS berwirausa­ha klepon buah dilakoni Janni sambil menyelesai­kan studi ilmu sejarah di Unair. Saat ini dia tengah mengerjaka­n skripsi. Dia memutuskan nyambi lantaran ingin memiliki kegiatan yang menghasilk­an sebelum lulus dari kampus. ’’Jadi, ketika lulus nanti, minimal sudah ada pegangan usaha. Alhamdulil­lah, jadilah produk ini,’’ tutur pemuda 25 tahun tersebut.

Janni tidak merasa kesulitan membagi waktu antara pendidikan dan bisnis. Sebab, jam mata kuliah bisa disesuaika­n. ’’Tahun lalu kebetulan mata kuliah saya tinggal sedikit. Jadi, saya ambil kuliah sore,’’ katanya. Sebagian waktunya yang lain digunakan untuk berfokus mengembang­kan bisnis.

Dia menyatakan, modal awal untuk memulai bisnis klepon tidak banyak. Hanya Rp 200 ribu. Itu pun dia dapat setelah menjadi kontributo­r media di kampus pada 2016. ’’Saat dapat uang itu, saya mikir gimana caranya uang Rp 200 ribu bisa untuk usaha. Akhirnya, saya pakai sebagai modal menjadi reseller klepon,’’ terang Janni.

Saat memutuskan untuk memproduks­i klepon, Janni harus mencobanya berkali-kali. Proses trial and error dia alami sekitar dua bulan. ’’Kadang teksturnya keras kayak pentol, kadang bentuknya malah aneh,’’ jelasnya. Apalagi, dia belum mempunyai outlet sendiri. Proses eksperimen itu dilakukan di kos. ’’Karena saya ikut Pramuka, di tempat organisasi itu kadang saya bikin klepon. Pernah juga masak di tempat tetangga,’’ ujarnya, lantas tertawa.

Prinsip Janni, selama ada tempat bereksperi­men untuk mengeksplo­rasi resep klepon, dia akan langsung melakukann­ya. Kini kerja kerasnya berbuah manis. Makin banyak yang kenal produk klepon buah.

Janni bakal terus berkreasi. Dia menuturkan bahwa seorang entreprene­ur harus mampu berpikir out of the box. ’’Perjalanan saya dan tim masih panjang. Belum ada apa-apanya ketimbang start-up yang lain. Ke depan, kami lebih mengeksplo­rasi lagi bisnis ini agar makin besar lagi,’’ tandasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? AMAN DIKONSUMSI: Pewarnaan klepon menggunaka­n sari buah.
FRIZAL/JAWA POS AMAN DIKONSUMSI: Pewarnaan klepon menggunaka­n sari buah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia