Jawa Pos

Harus Tetap Rakus

-

– Timnas U-16 menyuguhka­n performa yang ganas dan mengesanka­n. Buktinya, 17 gol dilesakkan dalam empat laga yang dijalani David Maulana dkk. Nah, tiket semifinal Piala AFF U-16 sudah dikantongi timnas belia itu seiring dengan kemenangan­nya atas Timor Leste Sabtu lalu (4/8).

Apakah daya gedor timnas pada matchday terakhir grup A malam nanti melawan Kamboja akan mengendur? Fakhri Husaini selaku arsitek timnas U-16 membantah kemungkina­n itu. Sebab, baginya, filosofi sepak bola adalah untuk menang. Dia menjamin pasukannya tetap akan bermain dengan filosofi yang sama.

’ Bedanya, kami akan turun dengan pemain yang berbeda. Pertanding­an besok (hari ini, R e d) sama pentingnya dengan empat pertanding­an sebelumnya ,’ imbuh nya. Berbeda? Ya. Fakhri bakal memanfaatk­an laga nanti untuk memberikan minutes play kepada pemain yang jarang diturunkan. Itu berarti pemain yang sudah bertanding empat laga berturut-turut bakal diistiraha­tkan. Misalnya, bek Fadilah Nur Rahman dan Komang Teguh. ’’Pertanding­an semifinal pasti jauh lebih ketat. Untuk itu, sangat penting menjaga kebu- garan pemain. Beberapa pemain butuh recovery. Terutama yang bemain dalam empat laga berturut-turut,’’ kata pelatih asal Aceh itu. Indonesia memang tanpa beban. Sebab, hasil apa pun tidak akan menggoyahk­an posisi mereka di puncak klasemen grup A. Begitu juga halnya dengan Kamboja yang sudah pasti tersingkir. Namun, Kamboja bisa saja menodai kesempurna­an skuad Garuda Muda. Apalagi, jika menilik catatan pertemuan kedua tim. Sejak perhelatan Piala AFF U-16 pada 2012, kedua tim sudah dua kali bertemu. Semua berakhir imbang tanpa gol.

Janji untuk menyulitka­n timnas kemarin disuarakan pelatih Kamboja Lee Taehoon. Menurut dia, dengan memberikan permainan yang menarik, akan menjadi kepuasan tersediri bagi anak asuhnya. ’’Indonesia memang tim yang kuat. Kemarin kami sudah kalah. Jadi, kami akan berusaha bermain lebih baik dan semaksimal mungkin,’’ kata Taehon.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? AYO LANJUTKAN PESTAMU: Muhammad Fajar Fathur Rachman (kiri) merangkul Bagus Kahfi yang sukses membobol gawang Timor Leste Sabtu lalu (4/8).
ANGGER BONDAN/JAWA POS AYO LANJUTKAN PESTAMU: Muhammad Fajar Fathur Rachman (kiri) merangkul Bagus Kahfi yang sukses membobol gawang Timor Leste Sabtu lalu (4/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia