Jawa Pos

Belum Butuh Pengganti CR7

-

LANDOVER – Keputusan petinggi Real Madrid melepas Cristiano Ronaldo sangat disesali Madridista­s. Maklum, pemain berjuluk CR7 itu telah melesakkan 450 gol selama sembilan musim membela Real. Fans pun mendesak manajemen agar mencari bintang yang kualitasny­a sepadan dengan CR7. Tapi, tuntutan tersebut sepertinya tak lagi menggema. Itu seiring kemenangan

3-1 atas Juventus di Internatio­nal Champions Cup (ICC) kemarin.

Laga tersebut sekaligus menjadi ajang pemanasan skuad utama Real di kompetisi resmi. Terbukti, meski berlabel uji coba, Los Merengues tampil dengan 95 persen pemain inti sebagai starter. Hal serupa berlaku bagi Juve. Bahkan, Nyonya Tua hanya minus striker seperti Paulo Dybala, Mario Mandzukic, dan Ronaldo. Sementara itu, sepuluh pemain lainnya merupakan skuad utama. Termasuk dua rekrutan baru Joao Cancelo dan kiper Mattia Perin.

Namun, performa penggawa lawas Real terbukti masih tajam. Dua dari gol kemenangan Real pada laga yang dihelat di FedEx Field itu diborong Marco Asensio pada menit ke-47 dan 56.’ Satu gol lagi adalah sumbangsih Gareth Bale (39’). Sedangkan gol hiburan Juve tercipta melalui bunuh diri Dani Carvajal (12’).

”Saya tidak akan berbicara mengenai pemain yang tidak ada di tim ini. Yang bisa saya katakan adalah Asensio, Bale, Vinicius Jr sangat bagus hari ini (kemarin, Red),” kata Julen Lopetegui, pelatih Real, seperti dilansir Goal.

Khusus untuk Asensio, eks pelatih timnas Spanyol itu mengatakan bahwa gelandang 22 tahun tersebut bisa semakin dahsyat saat bermain di luar posisi aslinya sebagai gelandang. Bahkan, dia bisa semakin produktif bila mengemban posisi false nine seperti laga kemarin.

Pelatih 51 tahun itu juga mengatakan bahwa posisi kiper tidak terlalu gawat. Selain Keylor Navas masih dalam masa keemasan, mereka sudah kedatangan kiper 19 tahun Andriy Lunin musim ini.

”Bahkan, masih ada Kiko Casilla dan Luca Zidane. Bila suatu hari nanti ada lagi kiper yang datang, saya akan menjelaska­n semuanya,” sambung Lopetegui.

Lopetegui menambahka­n bahwa dirinya tidak akan melepas Luka Modric. Dan, itu bisa menjadi jawaban bagi Inter Milan yang dalam beberapa hari terakhir dikaitkan dengan pemain terbaik Piala Dunia 2018 tersebut.

Namun, sama halnya dengan Real, performa bagus Nerazzurri di pramusim bisa jadi bukti bahwa mereka sebenarnya tidak terlalu memerlukan Modric. Dari enam laga pramusim, tim besutan Luciano Spalletti itu hanya kalah sekali. Terbaru, mereka menang 1-0 atas Olympique Lyon dalam lanjutan ICC kemarin. Lautaro Martinez kembali menjadi penyelamat dengan golnya pada menit ke52. Itu adalah gol ketiganya selama pramusim.

”Pemain dengan kualitas sepertinya (Modric, Red) tentu berperan sangat krusial bagi kami. Namun, untuk saat ini, kami harus menghadapi tantangan dengan apa (pemain, Red) yang ada sekarang,” kata Spalletti. ”Meski begitu, masih ada beberapa waktu sebelum bursa transfer musim panas ditutup. Bila Lionel Messi datang di detik-detik akhir, tentu saya dengan senang hati menerimany­a,” canda pelatih 59 tahun tersebut.

 ?? GEOFF BURKE/REUTERS ?? SEMAKIN MATANG: Marco Asensio (kanan) disambut rekan-rekannya setelah membobol gawang Juventus di ICC kemarin pagi.
GEOFF BURKE/REUTERS SEMAKIN MATANG: Marco Asensio (kanan) disambut rekan-rekannya setelah membobol gawang Juventus di ICC kemarin pagi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia