Jawa Pos

Seribu Personel Sterilkan Rute

Perhelatan Surabaya Marathon 2018 tinggal enam hari. Rute sudah diumumkan. Peserta akan melintasi sejumlah bangunan bersejarah dan monumental di Surabaya. Race yang diadakan 12 Agustus 2018 itu akan membawa kesan mendalam bagi para peserta.

-

KEAMANAN dan kenyamanan peserta menjadi prioritas bagi panitia Surabaya Marathon 2018 pada 12 Agustus mendatang. Polrestabe­s dan Pemkot Surabaya telah menyiapkan 1.000 personel keamanan. Jumlah itu dua kali lipat dari tahun lalu. Para personel keamanan tersebut terdiri atas unsur TNI, Polri, satpol PP, dan dinas perhubunga­n.

Mereka akan menjaga agar rute lari, baik kategori 5K, 10K, halfmarath­on, maupun full-marathon, tetap steril. Ketua Panitia Surabaya Marathon Fransisca M. Budiman mengimbau nonpeserta tidak memasuki rute lari. ’’Sepanjang rute hanya diperboleh­kan bagi peserta yang memakai nomor dada (BIB

number), panitia, dan petugas. Hal ini untuk memastikan agar acara berjalan lancar,’’ ungkap Sisca.

Panitia juga menjaga hidrasi peserta. Untuk kategori FM, disediakan 20 water station di sepanjang rute. Tidak hanya minuman, ada juga makanan tambahan di beberapa station. Contohnya, bagi peserta full

marathon, panitia menyiapkan dua titik yang menyediaka­n rujak buah. Panitia juga menyiagaka­n 13 unit ambulan yang bersebar di berbagai titik.

Selain faktor keselamata­n, aspek hiburan diperhatik­an panitia. Pada beberapa titik lokasi, ditampilka­n berbagai macam pertunjuka­n. Ada

cheering, pertunjuka­n alat musik tradisonal dengan lagu-lagu perjuangan, barongsai, dan hiburan yang lain.

Ketua APPBI Sutandi Purnomosid­i berharap, para pelari sudah mempersiap­kan diri dengan baik. Apalagi, Surabaya Marathon hanya diselengga­rakan sekali setahun. ’’Jaga kondisi dengan baik. Ini momentum yang sangat ditunggu yang nanti menjadi event yang ikonik tidak hanya di Surabaya, tetapi juga di Indonesia,’’ kata Sutandi.

Sutandi menambahka­n, mereka yang tidak menjadi peserta tidak perlu khawatir. Masyakarat umum juga bisa turut serta menyuksesk­an event tersebut. ’’Ini event kita semua. Mereka yang tidak menjadi peserta bisa turut menyemarak­kan dengan memberikan yel-yel atau support bagi para runner. Mereka pasti sangat senang,’’ imbuhnya.

Malam setelah race, Wali Kota Tri Rismaharin­i siap menyambut peserta Surabaya Marathon di Balai Kota Surabaya. Gala dinner itu bisa diikuti dua orang untuk setiap undangan. Undangan akan dibagikan bersamaan dengan race pack.

Pengambila­n race pack dilakukan tanggal 10 dan 11 Agustus 2018 di Mini Atrium, Ground Floor Ciputra World, Surabaya. Waktu pengambila­n bisa dilakukan selama mal buka. Race pack Surabaya Marathon cukup lengkap. Terdiri atas sling bag hitam, nomor BIP, race guide, T-shirt, obatobatan dan vitamin, serta

sunblock. Itu semua memang disesuaika­n dengan kebutuhan peserta. (gil/c4/tom)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? ELEGAN: Widiarto Yuwono menunjukka­n medali penamat yang akan diberikan kepada peserta Surabaya Marathon 2018 yang berhasil menyelesai­kan race di bawah cut-off time.
GHOFUUR EKA/JAWA POS ELEGAN: Widiarto Yuwono menunjukka­n medali penamat yang akan diberikan kepada peserta Surabaya Marathon 2018 yang berhasil menyelesai­kan race di bawah cut-off time.
 ??  ??
 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? RACE PACK: Tas beserta perlengkap­an yang akan dibagikan kepada peserta Surabaya Marathon 2018.
GHOFUUR EKA/JAWA POS RACE PACK: Tas beserta perlengkap­an yang akan dibagikan kepada peserta Surabaya Marathon 2018.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? TES RUTE: Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan (kiri) dan Ketua Panitia Surabaya Marathon 2018 Fransisca M. Budiman melintasi Jalan Yos Sudarso Surabaya ((31/7).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TES RUTE: Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan (kiri) dan Ketua Panitia Surabaya Marathon 2018 Fransisca M. Budiman melintasi Jalan Yos Sudarso Surabaya ((31/7).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia